Bedah Gaya BIGBANG
5 alasan mengapa para editor mode tergila-gila BIGBANG.
11 Oct 2012


Jaket Patricia Field x Keith Haring. Foto: dok. BIGBANG Official facebook
1 / 5
1.    Personalisasi Label-Label Eksklusif
Berbeda dengan grup pop lain yang cenderung mengenakan “seragam” generik, para personil BIGBANG selalu tampil unik dan super gaya dalam koleksi terbaru label-label eksklusif, terutama Givenchy, Balmain, Chrome Hearts, bahkan Chanel. Namun yang membuat tampilan mereka istimewa adalah gaya padu-padan yang inovatif. Mereka juga tidak segan bereskperimen dengan label-label non mainstream seperti Comme Des Garcons dan Thom Browne. Reputasi BIGBANG sebagai ikon gaya bahkan dikukuhkan oleh 10 Corso Como, butik konsep ternama yang mensponsori busana mereka.

2.    Inspirasi Kultur Pop
Bagi seorang editor mode, kultur pop adalah salah satu elemen terpenting dalam memformulasi konsep. Dalam kasus BIGBANG, pengaruh kultur pop muncul dalam manifestasi yang tak biasa. Salah satu contoh adalah jaket kulit custom made yang menggunakan scarf Hermès dengan motif karya seniman grafitti Kongo. Elemen grafitti nampaknya memang sangat menginspirasi acuan gaya BIGBANG. Mereka juga pernah terlihat mengenakan koleksi kolaborasi Patricia Field X Keith Haring. Dalam album koleksi foto Extraordinary 20’s, elemen punk terlihat mendominasi dalam bentuk jaket-jaket kulit dengan aksen studs dan maskot Misfit yang merupakan band punk ikonik.

3.    Dokumentasi High Fashion
Gaung BIGBANG di ranah mode tidak terbatas pada benua Asia saja. Fotografer mode ternama Terry Richardson dan Leslie Kee bahkan tertarik membidik band yang tergabung dalam YG Entertainment (YGE) ini.

4.    Airport Fashion

Tak hanya di atas panggung, gaya keseharian para personil BIGBANG-pun menjadi bahan sorotan yang cukup intens. Para fans konsisten mendokumentasikan tampilan BIGBANG terutama saat ditemukan di bandar udara. G-Dragon selalu terlihat santai—biasanya dengan topi baseball atau beanie rajut dan sneakers. Sedangkan T.O.P yang dikenal untuk gaya dandy hampir selalu mengenakan kemeja atau jas. Simak gaya mereka saat meninggalkan bandar udara Incheon menuju Jakarta disini.

5.    Rambut Fantastis

Setiap kali BIGBANG merilis single baru, penampilan mereka selalu berubah total. Bagi seorang editor mode, hal ini merupakan sesuatu yang sangat menyegarkan. Di album duet GD & T.O.P, T.O.P mencat rambutnya putih platinum. Di album ALIVE, ia muncul dengan rambut hijau mint yang sangat mengejutkan. Di antara kelima personil, G-Dragon paling sering bereksperimentasi dengan rambutnya. Sebuah komunitas online di RRC bahkan pernah mendokumentasikan seluruh varian rambut GD. Totalnya? 222! (JO)

 

Author

DEWI INDONESIA