Cerita Dua Perempuan Korea di Espace Louis Vuitton Hong Kong
Korea tak cuma punya Psy dan Suju. Mereka punya dua seniman rupa yang cerita tentang pergeseran identitas perempuan.
4 Jan 2013


1 / 4
Korea tak cuma punya Psy dan Suju. Mereka punya dua seniman rupa yang cerita tentang pergeseran identitas perempuan.  
Dua seniman perempuan Korea, Kim Ji Eun dan Lee Jiyen memamerkan karyanya dalam “WOMAD CODE: The Eye of Korean Women Artist” di Espace Louise Vuitton Hong Kong. Dikuratori Lee Daehyung, karya-karya yang ditampilkan dalam pameran ini menitikberatkan tema pada isu budaya nomaden dan perubahan identitas perempuan di Korea.  Kata “Womad” yang dipakai sebagai judul WOMAD CODE” adalah gabungan dari kata woman dan nomad. Sebuah istilah menarik sekaligus juga merupakan metafora kontroversial untuk seniman perempuan Korea yang hidup, bekerja, dan berkelana dalam konteks yang sama sekali berbeda dengan apa yang dipahami masyarakat Korea umumnya, di usia mereka yang masih 20-an.  
Pameran ini memanfaatkan kedua seniman perempuan tersebut sebagai simbol proses  perubahan. Kondisi sosial mereka berdua dianggap sangat berperan pada pencapaian artistik mereka dalam menyampaikan kisah tentang perubahan yang terjadi dalam kehidupan perempuan Korea. Kode-kode visual yang mereka pakai  bukan hasil tempelan berbagai genre dan medium, melainkan sebuah proses kreatif  untuk memikirkan apa-apa yang mereka yakini sebagai otoritas baku yang tidak dapat diubah.
Kim Ji Eun yang melakukan studi tentang sejarah suburban di Detroit, menuangkan pernyataannya lewat konstruksi kolase sampah kertas dan barang-barang rumah tangga yang merefleksikan posisi psikologisnya sebagai orang yang menjalani  dua budaya.  Sementara Lee Jiyen menyandarkan karyanya pada ide tentang perbedaan zona waktu yang menciptakan ruang-ruang imajiner. Hasilnya adalah ruang yang menolak berbagai dikotomi seperti awal dan akhir, tengah dan tepi, individualitas, dan kolektivitas, hingga identitas lokal, dan identitas global. Kalau Anda ada rencana pergi ke Hongkong sampai Februari 2013 mendatang, ada baiknya singgah ke Espace Luois Vuitton Hongkong yang berada di Louis Vuitton Maison, 5 Canton Road untuk menyaksikan pameran ini. (ISA), Foto: Dok. LV

 

Author

DEWI INDONESIA