Gaya Androgini Winda Siregar dengan Balutan Kain Nusantara
Winda Siregar tampil androgini dengan kain nusantara.
21 Aug 2015


Pameran Seni?Saya memodifikasi kain batik menjadi halter neck dress. Lalu saya padukan dengan luaran favorit saya seperti white cotton coat dari Vivienne Westwood. Tall boots dari Maison Martin Margiela jadi padanan yang pas dengan gaya personal saya.?
1 / 9
Ia lahir dalam keluarga dengan tradisi suku Batak yang kuat. Sejak kecil Winda Siregar telah akrab dengan kain-kain yang berasal dari daerahnya lantaran begitu banyak acara adat yang harus ia lalui. Kini seluruh kain yang dimilikinya disimpan dalam lemari di sebuah ruangan khusus. “Jumlahnya bisa 500an dan ada yang sudah berusia ratusan tahun,” jelasnya. Ia menyebut ruangan tersebut bagai perpustakaan kain. Setiap kain yang ia dapatkan, langsung difoto menggunakan kamera Polaroid dan di bawah fotonya tertulis jenis kain, cerita di balik kain, dan tanggal kain diperoleh. Ia suka berkreasi mengenakan kain Indonesia di berbagai kesempatan. Dan menyesuaikan kain-kain tersebut dengan gaya androgini-nya.

Keep it simple. Jangan memadukan kebaya berwarna mencolok dengan kain yang juga mencolok. Sebenarnya karakteristik kain nusantara punya kemiripan dengan kain tradisional luar negeri. Misalnya ulos yang ketebalannya sama dengan selendang suku Indian atau Inca. Tetapi tentu saja cara memakai kain di tiap negara berbeda. Di situlah kita bisa mengadaptasi. Kita bisa bebas memodifikasi cara pemakaian kain. Tetapi jangan pernah memotong kain, karena akan mengubah makna cerita di kain tersebut.” (JAR) Foto: Irene Iskandar.

 

Author

DEWI INDONESIA