Gender Studies
Sosok wanita ideal di mata Auguste Soesastro dan Stella Rissa
12 Mar 2012


Kromo Auguste Soesastro
1 / 4
Mode pada dasarnya merupakan bentuk manipulasi dan interpretasi pada bentuk tubuh. Tentunya, opini mengenai sosok wanita ideal menjadi faktor yang mendorong proses eksplorasi tersebut. Beberapa waktu lalu, dua desainer alumni Dewi Fashion Knights, Auguste Soesastro dan Stella Rissa, mempersembahkan dua koleksi di atas panggung Indonesia Fashion Week yang mewakili persepsi masing-masing terhadap citra ideal seorang wanita.

Saat menyimak gaya rancangan Stella Rissa, jelas terungkap bahwa bagi desainer yang satu ini, sensualitas merupakan esensi perempuan yang tak dapat dihindari. Siluet mini yang melekat pada tubuh lantang menyatakan kebanggaannya terhadap lekuk kewanitaan. Elemen transparansi dan gelepai muncul menambah volume tanpa mengkamuflasenya. Palet warna monokrom seperti hitam dan putih dengan sentuhan ungu mendominasi koleksi yang diberi nama “Inner” tersebut. Tampilan ini dilengkapi oleh alas kaki stilleto double platform yang semakin menguatkan imaji femme fatale.

Sudut pandang sarat sensualitas ini kemudian diimbangi oleh Auguste Soesastro dengan koleksi perdana lini siap pakainya, Kromo. Siluet minimalis yang merupakan andalannya kembali mengedepankan sosok wanita intelektual dengan kecantikan yang tak kasat mata. Didukung oleh palet warna monokrom seperti hitam, putih dan merah, Auguste memberikan opsi busana sehari-hari bagi wanita aktif yang tetap memperhatikan penampilan. Sedangkan sepatu datar rancangan Pvblic Affair yang terinspirasi oleh desain sepatu pria menantang asumsi bahwa sensualitas dan feminitas adalah hal yang sama. (JO) Foto: Dok. Stella Rissa & Auguste Soesastro

 

Author

DEWI INDONESIA