Kiat Berbelanja di Jakarta
Pecinta mode, Aily Harsono membagi tip seputar belanja seru di Jakarta.
8 May 2014


Gairah pada dunia mode membuat Aily Harsono, seorang fashion enthusiast, tak pernah alpa memperhatikan tren terbaru. Kebutuhan untuk selalu update dengan tren fashion terbaru di setiap musimnya membuat Aily sangat paham seluk beluk berbelanja di Jakarta. Ia pun membagi deret label internasional yang menjadi pilihan favoritnya, hingga tip memburu koleksi terbaru.

Riset sebelum berbelanja
Biasanya sebelum membeli sebuah produk fashion saya akan melakukan riset mengenai harga terlebih dulu. Jika memang perbedaan harga antara barang yang dijual di luar negeri dan di Indonesia tidak terlalu jauh maka saya akan lebih memilih untuk membeli di Jakarta saja. Kenapa? Karena dengan ini saya tidak perlu repot-repot membawa dan memasukkan barang tersebut ke dalam koper saya. Misalnya ketika berbelanja busana label Alaia yang dikenal memiliki siluet penuh sehingga sedikit sulit untuk di-packing di koper. Ketika membelinya di Jakarta, saya tidak perlu lagi memikirkan masalah ini.

Apa yang kerap Anda beli di...
Hermès : berbagai aksesoris fashion, sandal, dan baju. Selain itu di butik Hermès Plaza Indonesia, saya juga senang membeli handuk untuk dijadikan hadiah.
Chanel : aksesoris fashion seperti kalung atau gelang. Saya pernah mendapatkan kalung model headphone mutiara yang habis di butik mana pun di manca negara, justru ada di Jakarta.
Christian Louboutin : sepatu.
Dior: sepatu dan aksesoris, yang dua musim terakhir terlihat semakin menarik.

Butik favorit saya
Untuk butik multilabel, saya senang belanja di Jade di Senayan City. Selain memiliki harga yang bagus, barang-barang yang dijual di Jade selalu up to date, tidak kalah dengan yang dijual di butik-butik ternama di luar negeri. Serta On Pedder yang menyediakan sepatu rancangan Sophia Webster, Gianvito Rossi, dan Charlotte Olympia yang menjadi kegemaran saya. Untuk label seperti ZARA, pilihan saya jatuh di Plaza Indonesia karena lebih lengkap dan penataannya lebih rapi.

Produk fashion internasional yang ada di Indonesia tidak selalu lebih mahal
Apalagi jika kita menggunakan kartu kredit saat berbelanja di luar negeri. Terkadang perbedaan kurs bisa membuat perbedaan harga barang tersebut tidak terlalu signifikan.

Perhatikan ukuran baju atau sepatu yang akan dibeli
Terkadang ketika memesan baju atau sepatu dari luar negeri, Anda hanya bisa memperkirakan ukuran yang sesuai. Akan lebih baik jika Anda menunggu hingga barang tersebut sudah dijual di toko-toko di Indonesia, sehingga Anda bisa mencoba sendiri di butiknya untuk mencari tahu ukuran yang paling tepat untuk Anda.

Menjalin hubungan baik dengan sales person dari masing-masing butik
Senangnya belanja di Jakarta, kita jadi bisa lebih mudah membina hubungan baik dengan sales person. Gunanya? Anda bisa mendapatkan info terkini mengenai produk terbaru sampai potongan harga. “Pernah suatu ketika, saya mencari dress Gucci bermotif flora yang menjadi statement piece di musim lalu. Berkat bantuan sales person butik Gucci di Jakarta, saya bisa memilikinya.”

Memanfaatkan promo
Karena tidak ada perbedaan kurs ketika berbelanja di Jakarta, jangan ragu memanfaatkan promo dari bank untuk pembelian produk dari label-label fashion. Pengalaman belanja dengan promo bank paling seru ketika penawarannya untuk label Mango hingga Red Valentino dan Valentino.

VIP Pass
Yang paling menyenangkan dari belanja di Jakarta adalah kesempatan mendapatkan undangan untuk pembukaan toko dan menikmati pilihan terbaru sebelum dibuka untuk umum. Seperti pembukaan butik Dior dan Carven beberapa waktu lalu. Mereka juga bekerjasama dengan bank sehingga saya bisa mendapatkan harga khusus.
(CA/AH) Foto : JD

 

Author

DEWI INDONESIA