Sapto Djojokartiko: Vastu Vidya
Ulasan koleksi Sapto Djojokartiko di Dewi Fashion Knights 2012.
21 Nov 2012


1 / 12
Sapto Djojokartiko kembali mengisi panggung Dewi Fashion Knights untuk kedua kalinya di ajang Jakarta Fashion Week 2013 pada tanggal 9 November 2012 lalu dengan koleksi yang bertajuk Vastu Vidya.

Untuk memenuhi persyaratan kategori Ready To Wear Deluxe, Sapto mengembangkan sebuah koleksi siap pakai yang terinspirasi oleh arsitektur. Ia mengambil elemen garis linear yang kemudian dimanifestasikan pada bentuk siluet dan detail kriya. Terusan-terusan shift putih berlengan panjang membuka rangkaian koleksi. Meski sekilas terlihat simpel, perhatian Sapto pada detail diterapkan pada intrikasi laser cut yang apabila dilihat dari dekat ternyata sangat rumit. Keseimbangan antara siluet keseharian dan kerumitan kriya dipertahankan sepanjang koleksi. Sapto bahkan mengeluarkan busana separates seperti celana dan jaket sebagai opsi padu-padan.

Kesetiaan Sapto pada budaya Indonesia tetap ia sisipkan melalui adaptasi motif tradisional pada tekstur bahan. Ikat pinggang dan kalung pending perak menambah elemen etnik dalam konteks kontemporer. Tata rias minimalis dengan pulasan bibir berwarna coral mengedepankan sosok wanita yang cantik alami, pragmatis namun tetap gaya.

Menuju akhir koleksi, Sapto kembali memperlihatkan sisi gelapnya melalui terusan-terusan berwarna cokelat tua. Meski demikian, penggunaan bahan ringan seperti sifon lipit memberi kesan romantis secara tidak klise.

“Proses bagaimana saya menciptakan koleksi haute couture tetap dapat diterapkan dalam koleksi siap pakai. Tetap kuat dan tajam, tapi juga seksi,” jelas Sapto. (JO)

Foto: image.net



 

Author

DEWI INDONESIA