Schiaparelli Kembali?
Terbengkalai sejak 1954, label Schiaparelli dikabarkan akan kembali dilansir di awal tahun 2013
9 May 2012


Topik terhangat dalam industri mode saat ini tak lain adalah pameran Schiaparelli and Prada: Impossible Conversations yang diadakan di The Metropolitan Museum of Art. Terlebih lagi mengingat acara Met Gala yang baru saja berlangsung kemarin. Menggunakan kesempatan ini, CEO grup Tod’s Diego Della Valle, lantas mengumumkan rencana untuk membangkitkan label Schiaparelli yang telah berstatus non-aktif sejak tahun 1954.

Spekulasi mengenai siapa yang akan didapuk menjadi Direktur Kreatif sudah merebak sejak Della Valle mengakuisisi label ini di tahun 2007. Nama Olivier Theyskens dan Roland Mouret sempat dibisikkan namun tampaknya ia tidak terburu-buru melangkah. Setelah sukses mengemas ulang label Roger Vivier, akhirnya Della Valle memutuskan untuk berkonsentrasi pada Schiaparellli. Kabarnya ia telah mendaulat model/aktris Prancis Farida Khelfa sebagai duta dan kini sedang mencari sosok desainer utama. Menurut WWD, produk yang akan dilansir terlebih dahulu pada Februari 2013 mendatang adalah aksesori, parfum dan kosmetik.

Elsa Schiaparelli adalah salah satu desainer terdepan di era 30-an yang menandingi Coco Chanel. Ia sangat terinspirasi oleh aliran surealisme yang sangat jelas terlihat pada beberapa karya ikoniknya Lobster Dress dan Tears Dress yang memfiturkan karya pelukis Salvador Dali. Dampak Perang Dunia II memaksanya untuk menutup bisnis di tahun 1954 meski demikian popularitasnya di kalangan mode tak pernah surut. (JO)

Foto: Dok. Sipa

 

Author

DEWI INDONESIA