Tempat di Indonesia yang Menjual Kain Wastra
Berburu wastra di Indonesia, incar tempat berikut ini untuk melengkapi koleksi wastra Indonesia Anda.
24 Aug 2015


Pasar Sentral, Medan
Warga Medan lebih mengenalnya sebagai Pajak Sentral, di mana Anda mampu mendapatkan beragam jenis kain ulos. Jika hendak membeli, jangan sungkan untuk menawar setengah dari harga yang dipatok penjual.
Lokasi: Jl. M. T. Haryono, tiga kilometer dari pusat kota Medan.

Pasar Atas Bukittinggi, Sumatera Barat
Surga bagi Anda yang menginginkan buah tangan berupa kain sulam dan kain songket khas Sumatera Barat. Jenis yang dijual dan harga yang ditawarkan beragam. Kesemuanya buatan tangan para pengrajin di Bukittinggi.
Lokasi: Benteng Ps. Atas Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Lokasinya bertepatan di pelataran Jam Gadang.

Pasar Ilir Barat, Palembang
Di Palembang Anda dapat menemukan kain jumputan (tie dye) khas di pasar ini. Tidak hanya itu, songket Palembang dan kain blongsong juga menjadi primadona di deretan kios yang menghuni komplek pasar ini.
Lokasi: JL Letkol Iskandar, Kota Palembang.

Pusat Grosir Batik Trusmi, Cirebon
Tak hanya daerah Yogya yang terkenal dengan batik. Daerah lainnya di Pulau Jawa, seperti Cirebon juga memiliki desain batik yang khas karena sebagian besar memiliki corak batik pesisir, dan lainnya batik keraton.
Lokasi: Jl. Syekh Datul Kahfi, Plered, Jawa Barat.

Pasar Beringharjo, Yogyakarta
Anda tentu tidak asing dengan pasar ini jika sedang bertandang ke Yogyakarta. Pasar ikonik ini juga dapat menjadi surga bagi Anda yang ingin mencari batik, baik kain maupun bahan jadi.
Lokasi: Jl. Pabringan, Pasar Beringharjo, Yogyakarta.

Pasar Tenun Ende, Flores
Sejauh mata memandang para penjaja di pasar mengenakan kain tenun. Ya, berbeda dengan pasar-pasar yang kerap Anda kunjungi, penjual di Pasar Ende masih lekat dengan budaya mengenakan kain. Karena itu pula di pasar ini selain menjajakan kebutuhan pangan, juga ada kain-kain tenun yang dibuat oleh ibu atau gadis Ende yang terletak di pesisir selatan Pulau Flores. Tidak ada kios yang tegak berdiri, hanya tikar dan tali-tali menggantung untuk memajang setiap helai kain tenun. Membuat Anda bisa memilih kain tenun yang didominasi warna hitam, merah, kuning, dan coklat ini dengan leluasa.
Lokasi : Pasar Tenun Ende berlokasi di Kabupaten Ende. Dapat dicapai dengan moda trasportasi taksi angkot atau kendaraan pribadi.

Kampung Sasirangan, Kalimantan Selatan
Kota Seribu Sungai, Banjarmasin memiliki kain saringan sebagai kain khas. Sasirangan sendiri dibuat dengan teknik tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan dicelup setelah awalnya dilukis motif. Meski banyak toko-toko yang menjual kain sasirangan di Banjarmasin, namun kain yang masih asli dengan pembuatan tradisional berada di Kampung Sasirangan. Gerbang megah yang dilukis laiknya motif sasirangan akan menyambut kedatangan Anda dan sepanjang gang toko-toko nambak cantik memajang kain sasirangan yang berwarna-warni. Jika beruntung, Anda dapat pula melihat ibu-ibu yang sedang membuat kain sasrirangan.
Lokasi : Jl. Seberang Masjid, Kelurahan kampung Melayu, Kecamatan Banjarmasin Tengah

Pasar Bolu Rantepao, Sulawesi Selatan

Kain tenun khas Toraja, Makassar, Sulawesi Selatan kini mulai pudar dari keseharian. Pun di Tan Toraja sana rupanya kain-kain asli ini dikalahkan oleh kain print motif tenun toraja. Namun di Pasar Bolu Rantepao, masih ada penjaja kain tenun asli yang mempertahankan keasliannya. Pasar Rantepao sendiri memang lebih dikenal sebagai pasar terbesar penjual kerbau dan babi, namun di antara keramaian, tersisip penjual tenun toraja yang masih bersemangat melestarikan tradisinya.  
Lokasi : Dari Makassar, terlebih dahulu menuju pusat kota Rantapeo, lalu tempuh lagi perjalanan sepanjang 2 km untuk mencapai Pasar Bolu Rantepao

(IL & TA)





 

Author

DEWI INDONESIA