Welcoming Wang
Alexander Wang menggantikan Nicolas Ghesqui?re di rumah mode Balenciaga.
3 Dec 2012


1 / 4
Saat komunitas mode masih mencerna berita kepergian Nicolas Ghesquière dari Balenciaga—dimana ia menempati posisi sebagai Creative Director selama 15 tahun—muncul sebuah berita yang tak kalah mengejutkan. Minggu lalu, Women’s Wear Daily mengumumkan bahwa desainer muda Alexander Wang akan didaulat sebagai penerus Ghesquière. Kritikus mode Cathy Horyn juga telah mengomentari berita ini melalui blog-nya, “Pemilihan desainer seperti Mr. Wang yang telah sukses membangun komunitas muda di New York dan seluruh dunia tentunya mengisyaratkan arahan baru bagi Balenciaga.” Dengan demikian, segala spekulasi yang menyelubungi kasus keberangkatan Nicolas Ghesquière akhirnya dapat diklarifikasi—termasuk rumor yang sempat menyebut desainer Skotlandia Christopher Kane sebagai salah satu kandidat.

Meski masih terbilang muda, Alexander Wang telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu talenta krusial dalam industri mode. Lahir di keluarga Amerika keturunan Taiwan dan dibesarkan di San Francisco, Wang pindah ke New York saat berusia 18 tahun untuk mengemban ilmu di Parsons School of Design. Di tahun 2005, ia mendirikan labelnya sendiri, Alexander Wang. Pada tahun 2008, ia melansir secara penuh koleksi busana wanita. Kini, bisnisnya juga mencakup busana pria, aksesori kulit dan lini difusi T by Alexander Wang.

Reputasi Alexander Wang sebagai desainer yang mengedepankan tren urban yang terinspirasi oleh gaya berpakaian effortless tentunya sangat kontradiktif apabila disandingkan dengan estetika futuristik Nicolas Ghesquière yang sangat menekankan teknik adibusana. Mungkin saja para petinggi PPR, perusahaan pemilik label Balenciaga, ingin lebih mendemokratisasikan Balenciaga agar lebih mudah diakses oleh konsumen lebih luas. Atau mungkin mereka ingin mengglobalisasikan rumah mode yang selama ini sangat bersinonim dengan Paris. Latar belakang Wang tentunya akan sangat berguna apabila mereka berencana untuk menembus pasar Cina. Apakah Alexander Wang akan membawa Balenciaga ke arah yang lebih baik? Akan kemanakah Nicolas Ghesquière? Bagaimana menurut Anda? (JO)

Foto: dok. SIPA

 

Author

DEWI INDONESIA