Kiprah Empat Dekade Sang Maestro
Guruh Soekarno Putra menggarap konser Beta Cinta Indonesia, rayakan 40 tahun berkarya
22 Nov 2011


Telah 40 tahun sosok Guruh Soekarno Putra berkarya. Sebuah pencapaian dan dedikasi yang tentu patut diapresiasi tinggi. Lebih luar biasa lagi, sepertinya Guruh tak pernah mau berhenti berkarya. Konser bertajuk Beta Cinta Indonesia yang digelar pada 21-23 Oktober 2011 lalu di Taman Ismail Marzuki, menjadi penandanya. Ya, dalam rangka empat dekade Guruh berkiprah di dunia seni dan budaya, ia pun menghelat panggung kolosal yang menampilkan napak tilas karya-karya terdahulunya.

Di bawah bendera Kinarya GSP, Guruh mengajak para musisi dan seniman ternama Tanah Air, seperti Vina Panduwinata, Tompi, Once, Vidi Aldiano, B3, Butet Kertaredjasa, Asri Welas, Tike Priyatna Kusumah, Netta, Yati Pesek, dan Erwin Gutawa Orkestra. Ada 18 lagu, dan sedikitnya enam tarian teaterikal disajikan, dengan tata panggung berteknologi video mapping yang mengundang decak kagum. Pertunjukkan berdurasi 120 menit itu dibagi menjadi dua sesi yang disela istirahat selama 15 menit, agar penonton tak terlalu letih.

Tak ada jalan cerita khusus yang mengaitkan satu sama lain antara setiap chapter. Yang pasti, tiket seharga mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta itu tertebus berkat sajian mahakarya yang terasa indah, megah, dan reflektif. Melalui pertunjukkan itu, Guruh ingin menyuarakan pikirannya di mana ia merasa prihatin terhadap karut-marut kondisi Indonesia, walau masih ada harapan untuk tetap bersemangat menyongsong hari depan yang lebih cerah. Selain pertunjukan akbar, sebuah album musik bertajuk sama pun turut diluncurkan. Album itu terdiri dari dua CD yang memuat 30 lagu tak lekang zaman karya Guruh. Bravo! (ISA)

 

Author

DEWI INDONESIA