Andrea Hirata, Dari Amerika Menembus Eropa
Kabar gembira datang lagi dari Andrea Hirata
16 Jan 2012


Masa-masa ini adalah tahun yang menggembirakan bagi Andrea Hirata. Belum tuntas kisah kebanggaannya atas diapresiasikannya Laskar Pelangi (LP) dalam berbagai macam seni (film, serial bersambung di televisi, pertunjukan seni), kini ia dapat kabar menarik yang terus beruntun. Awalnya kabar dari Kathleen
Anderson, agennya di New York, yang mengatakan bahwa buku LP edisi bahasa Inggris (Rainbow Troops/RT) akan diterbitkan oleh penerbit Farrar, Straus and Giroux (FSG). FSG adalah salah satu penerbit ternama di Amerika yang sering melahirkan karya para pemenang nobel. Salah satunya Pablo Neruda yang sangat disukai Andrea. “Aduh, aku merinding mendengar kabarnya,” ujar Andrea. Berbeda dengan karya LP di Indonesia, novel RT lebih panjang, yakni 48 bab, dan digarap oleh editor Sarah Crichton (editor dari Long Way Gone).

Rupanya kontrak dengan FSG menjadi pintu masuk menuju benua lainnya. Beberapa penerbit di Eropa dan Asia ikut tertarik. Di antaranya penerbit terkemuka di Italia, Rizzoli, yang juga menerbitkan buku "Eat, Pray, Love," ingin menerbitkan dalam bahasa Italia. Masih ada pula penerbit Hanser-Berlin dari Jerman, Atlas-Contact dari Belanda, dan Sunmark Publiser dari Jepang, masing-masing akan menerbitkan dalam bahasa masing-masing. Sementara itu kabar lain juga didapatkan Andrea, yakni mengenai rencana buku ini akan difilmkan oleh Plan B, sebuah perusahaan film milik Brad Pitt. Tahun ini memang penuh harapan bagi Andrea. (RH)

Foto: Dok. Dewi

 

Author

DEWI INDONESIA