10 Inspirasi Traveling dari Chitra Subyakto
Dari hotel terbaik, operator wisata pilihan, makanan kesukaan, destinasi favorit, hingga gaya pakaian ternyaman, avid traveler Chitra Subyakto mengungkapkannya.
28 May 2014


Bagi Chitra Subyakto, yang dikenal sebagai stylist dan costume designer ini, traveling adalah sumber dan makna ‘kebahagiaan’. Senantiasa dilakukannya secara reguler, tak ubahnya kebutuhan primer seperti bernapas, untuk menjaga tubuh dan jiwa senantiasa hidup. Tidak melulu harus destinasi yang jauh di belahan dunia lain, pelarian singkat ke kota tetangga seperti Bandung atau Bogor, juga cukup membahagiakannya. Berikut 10 inspirasi traveling dari Chitra:

1. Hotel terbaik: Amanresorts. Mulai dari Amandari di Ubud hingga Amansara di Angkor. Alasannya, setiap hari ada gift menarik khas identitas budaya setempat yang diberi sentuhan personal untuk tamu. Dari mulai buku dongeng hingga batu dilukis tangan.

2. Operator wisata pilihan: Untuk hot air balloon memilih Royal Balloon di Myanmar, untuk helicopter ride memilih Viator Himalayas Helicopter Tour di Nepal, dan untuk cruise line memilih Silolona dan Si Datu Bua mengunjungi Pulau Komodo, Flores.

3. Makanan dan minuman favorit: Terkenang anggur Klein Constantia asal Cape Town, Afrika Selatan, dan Lahpet, atau tea leaf salad dari restoran The Inthar Heritage House, Inle Lake, Myanmar, yakni sejenis kudapan berbahan teh khas Myanmar yang difermentasi dan dijadikan manisan. “Mengudap ini tidak ingin berhenti, rasanya segar.”

4. Destinasi Favorit: Bhutan. Tempat ini seperti di surga. Negara ini ternyata memiliki indeks kebahagiaan tinggi, jadi penduduknya pun mayoritas berkarakter baik. Tenang dan damai sekali suasana di sana.

5. Eksplorasi tidak terlupakan: Mengenal penduduk asli dan gaya hidup mereka, dan belajar tentang perjuangan hidup dan cara menghargai bumi. Seperti misalnya di Jambi, dengan berkunjung ke daerah tempat Sokola Rimba berada, atau di Petra, Jordania, dengan tinggal di tenda padang pasir Wadi Rum dan berkenalan dengan suku asli Bedouin.

6. Pakaian kegemaran: Padu padan busana kasual yang nyaman. Pilihannya celana panjang linen dan t-shirt, scarf batik kashmir dari Obin, floppy hat, sepatu sandal Melissa, dan jaket batik Populo.

7. Make-up wajib: No make-up! Tapi tetap jaga kesehatan kulit saat berwisata. Bawa selalu pelembab, sunblock, lipbalm, dan body butter.

8. Koper andalan: Satu koper cukup. Yang selain diisi busana dan toiletries juga wajib diisi dengan iPod dan laptop. Koper andalan adalah Rimowa.

9. Tempat yang selalu dikunjungi: Museum. Tidak hanya bisa menggali kultur setempat, tapi di sana juga bisa mendapatkan inspirasi kreatif yang tidak terduga.

10. Tip utama traveling: Riset adalah kunci utama. Usahakan pergi ke tempat yang belum banyak diketahui orang. Sering mengecek situs-situs perjalanan seperti Lonely Planet atau Trip Advisor, untuk mengetahui berbagai info, tip, dan ulasan. (DI) Foto: Dok. Chitra Subyakto

Ulasan dan foto-foto lebih lengkap mengenai inspirasi perjalanan Chitra Subyakto, simak di majalah dewi edisi bulan Mei 2014.



 

Author

DEWI INDONESIA