Apa Alasan Utama Anda Memilih Hotel?
Jatuhkan pilihan pada hotel yang tepat dengan alasan yang tepat.
22 Jan 2013


Saat membaca ulasan tentang hotel, kebanyakan tulisan yang diturunkan adalah mengenai berbagai servis, fasilitas dan kenyamanan yang ditujukan untuk membantu para wisatawan memilih tempat menginap yang tepat. Namun ternyata, bukan itu alasan sebagian besar orang memilih satu hotel tertentu. Baru-baru ini, sebuah survei yang dilakukan oleh Market Metrix, perusahaan konsultan industri perhotelan global memberikan hasil yang berbeda.

Survei Market Metrix ini melibatkan 40 ribu responden terdiri dari orang Amerika, Eropa, dan Asia yang rutin bepergian selama tahun 2012. Hasilnya diketahui bahwa alasan paling utama dalam pemilihan hotel adalah lokasinya, seperti yang diungkapkan 30,2 persen responden dalam survei tersebut. Baru kemudian 15,7 persen menjawab faktor harga sebagai penentu. Sedangkan 11,7 persen menjawab karena pengalaman di masa lalu.

Peranan situs online yang kini menjadi “mainan” wajib di semua lini bisnis modern ternyata tidak terlalu signifikan. Hanya 2,9 persen dari responden yang menjawab "ulasan positif di situs online" sebagai alasan dalam memilih suatu hotel. Jawaban ini berada di peringkat ketiga terbawah dari seluruh jawaban yang muncul di survei tersebut. Sayangnya, hanya  0,5 persen responden yang menjawab "green program" atau program ramah lingkungan yang diterapkan hotel menjadi faktor yang membuat mereka memilih suatu hotel. Lalu bagaimana dengan Anda? (DI) Foto: Dok. Corbis.

Berikut hasil survei yang dilakukan Market Metrix:
1. Lokasi 30,2 %
2. Harga 15,7 %
3. Pengalaman di masa lalu 11,9 %
4. Pilihan orang lain 7,5 %
5. Direkomendasi oleh teman atau kolega 6,8 %
6. Reputasi dari hotel atau jaringan dari hotel tersebut 5,5 %
7. Promo khusus 5,0 %
8. Dekat dengan lokasi suatu konvensi atau acara 4,0 %
9. Program loyalitas 3,8 %
10. Lainnya 3,3 %
11. Ulasan positif di situs online 2,9 %
12. Amenities spesial, fasilitas, atau layanan 2,7 %
13. Program ramah lingkungan yang diterapkan hotel 0,5 %

 

Author

DEWI INDONESIA