Atas Nama Cinta Varia Dellalian
Mengenal lebih dekat mixologist juara Global World Class Retro Chic 2012.
12 Oct 2012


1 / 6

Cantik dan murah senyum menjadi ciri khas dari mixologist perempuan berusia 23 tahun asal Beirut Lebanon ini, Varia Dellalian. Ia adalah mixologist juara World Class 2012 yang menjadi wakil Lebanon dalam “Diageo Reserve World Class Bartender” di Rio De Janeiro, Brazil. Di ajang tersebut, setelah bertarung selama empat hari ia berhasil memenangkan kategori Retro Chic Challenge. Ditemui oleh dewi dalam acara “An Evening with Varia Dellalian” di Bluegrass, beberapa waktu lalu, perempuan yang menggemari minuman Bloody Mary ini mengungkapkan tentang kecintaannya pada pekerjaannya.

Ia menikmati segala hal yang berkaitan dengan meracik minuman. Negroni, Cosmopolitan, dan Old Fashioned, adalah beberapa minuman yang paling ia nikmati proses pembuatannya, selain tentunya juga menciptakan kreasi minuman baru. Bagaimana proses Varia dalam mengkonseptualisasi minuman baru? “Saya berusaha menemukan keterkaitan antara bahan (ingredient) dan rasanya (flavor), barulah kemudian membuat kreasi yang seimbang dari sana,” ungkap Varia yang kini bekerja di belakang bar Momo at the Souks, Beirut, Lebanon. Ditanya soal tren dan teknik yang akan berkembang dalam dunia meracik minuman kini, Varia menjawab mantap bahwa classic cocktail akan kembali merajai. “Konsumen kini sering menanyakan koktail yang ‘vintage’,” katanya.

Awal motivasi Varia bekerja sesungguhnya semata mencari uang. Namun akhirnya, ia pun jatuh cinta sungguhan pada profesi mixologist. Ia menyimpan mimpi untuk membangun bar sendiri suatu saat nanti, dan memberikan pengalaman menikmati minuman yang tak terlupakan bagi para tamunya. Varia memberi saran pada para bartender atau mixologist dalam mencapai kesuksesan, yakni, “Bartend with all your heart, mind, and love! Saya jatuh cinta dengan pekerjaan saya, dan sekarang ini bukan lagi bekerja. Melainkan sebuah gairah, hidup, dan cinta,” katanya. (DI) Foto: Dewi Irma, Dok. Bluegrass.

 

Author

DEWI INDONESIA