Berburu 5 Pantai Tersembunyi di Bali dan Lombok
Perkaya wawasan pantai Anda dengan lima nama ini.
30 Dec 2014


Memandang Pantai Nyang Nyang.
1 / 5
Lepaskan sepatu, rasakan tekstur pasir halus di telapak kaki, sambil menghirup mewahnya udara yang sunyi di pantai-pantai yang masih jauh dari keramaian.

1. Pantai Nyang Nyang terletak di antara gerbang Uluwatu dan Pura Uluwatu. Tak ada
tanda papan yang menunjukkan letak pantai ini, namun warga setempat akan dengan senang hati menunjukkannya. Mampirlah ke warung kecil setelah gerbang tanda masuk daerah Uluwatu, dan tanyakan kepada penjual warung di manakah letak pantai yang indah ini.
Coba: Duduk di gubuk kayu sambil membayangkan Robinson Crusoe.

2. Pantai Gunung Payung terletak di Desa Kutuh. Berkendaralah ke arah Desa Kutuh dan ambil jalan yang menunjukkan arah menuju Nusa Dua Retreat Boutique Villa Resort & Spa Bali (ada papan petunjuk). Belok kiri begitu Anda menjumpai bundaran besar di pintu
masuk Pantai Pandawa dan berkendaralah terus di jalan kembar yang sepi tersebut, lalu
ambil jalan kecil di kanan jalan yang akan membawa Anda ke Pura Gunung Payung. Pantai Gunung Payung berada di ujung jalan tersebut.
Coba: Bermain sepak bola bersama warga setempat pada hari Minggu sore, atau menonton para peselancar bersahabat dengan ombak di musim hujan. Saat surut, pantai ini juga menyenangkan untuk berendam dan berenang.

3. Pantai Tegal Wangi berada tak jauh dari Ayana Resort and Spa Bali. Berkendaralah
menuju resor tersebut dan ambil belokan ke kanan tepat sebelum pintu gerbang resor dan ikuti jalan tersebut hingga ke ujung. Terkadang pintu masuk ke pantai ini dikunci oleh
pemilik lahan di sekitar pura, jadi Anda mungkin membutuhkan sedikit keberuntungan
untuk menuju pantai ini. Hindari datang pada hari Minggu dan datanglah sedikit lebih
awal (sekitar pukul 4 sore) untuk dapat menikmati keindahan pantai ini.
Coba: menatap matahari terbenam dan membuat foto pre-wedding.

4. Tanjung Aan sangat mudah dicapai, cukup berkendara ke arah timur Pantai Kuta Lombok dan Anda akan sampai di tanjung dengan pasir putih yang lembut ini. Teruslah berkendara ke arah timur dari Tanjung Aan dan ikuti petunjuk yang bertebaran di sepanjang jalan ke arah Pantai Seger dan juga Gerupuk. Pantai tersembunyi di Gerupuk dapat dicapai dengan menaiki bukit di balik kumpulan bungalow berbentuk rumah Sasak.
Coba: duduk-duduk di atas pasir putih halus di bawah pohon, berenang, dan membeli kain
tenun Sasak.

5. Pantai Mawi berada di jalan menuju Pantai Selong Belanak yang merupakan pantai
paling ujung barat Kuta Lombok. Inilah tempatnya para peselancar menjaga keseimbangan di atas tarian ombak yang meliuk-liuk indah. Perjalanan menuju Pantai Selong Belanak membutuhkan waktu satu jam, melewati bukit-bukit dan desa-desa suku Sasak. Dalam perjalanan Anda juga akan melewati pantai-pantai lainnya seperti Mawun, dan berbagai pantai-pantai kecil tak bernama yang membutuhkan mata jeli Anda untuk membaca papan petunjuk nama yang gampang terlewatkan di sepanjang jalan. Selamat berburu pantai tersembunyi!

(INTAN TANJUNG) Foto: Intan T.


Tip Transportasi:
Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan untuk mengunjungi pantai-pantai di atas. Anda juga bisa menyewa paket tur pribadi, lengkap dengan sopir dan bensin selama 10 jam sehari di Bali, sedangkan di Kuta, Lombok, petualangan pantai ini lebih asyik dilakukan dengan menyewa sepeda motor, sembari menikmat pemandangan sekitar yang masih alami. Sewa motor, baik di Bali atau Lombok, berkisar antara Rp. 50.000/hari, sedangkan sewa mobil berkisar antara Rp. 200.000, tergantung jenis mobilnya. Sewa paketan mobil + sopir + bensin biasanya sekitar Rp. 500.000, layanan tersebut tersedia di tiap-tiap hotel, dan harga bervariasi tergantung kebijaksanaan tiap hotel.

 

Author

DEWI INDONESIA