Cara Pintar Nikmati Secangkir Kopi
Simak langkah mudah untuk maksimalkan cita rasa secangkir kopi.
26 Jan 2015


Minuman hitam yang identik dengan kafein manjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk dinikmati terutama pagi dan sore hari. Di balik rumor beredar bahaya nya mengkonsumsi kopi tetapi kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bagi tubuh. Mari cermati cara menikmati secangkir kopi dengan baik

Jika anda penggemar kopi, seharusnya anda paham dan menguasai ragam serta jenis kopi.         

1. Pilih sendiri jenis kopi yang akan anda seduh. Jenis kopi yang berbeda akan memiliki rasa dan ciri khas berbeda saat anda menikmati nya. Semakin sering anda menyeduh dan meracik kopi anda akan tahu mana jenis kopi yang menjadi favorit anda.

2.      2. Ketika hendak menyeduh kopi, sebaiknya tidak menggunakan air panas mendidih. Anda cukup menggunakan suhu air tidak lebih dari 80 derajat celcius. Sebab hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan karakteristik kopi.

3.      3. Tuang 200 ml air panas kedalam gelas cangkir yang telah terisi bubuk kopi, diamkan kurang lebih sekitar 2 menit tanpa diaduk. Hal ini dilakukan supaya ekstra kopi dapat teresap dengan sempurna mencapai kualitas rasa.

4.      4. Untuk meracik rasa kopi, Anda bisa menambahkan creamer, gula pasir ataupun gula yang memiliki kandungan rendah lemak. Dalam menuang takaran gula harus diperhatikan, mengingat mengkonsumsi gula secara berlebih tidak baik untuk tubuh dan tidak dianjurkan bagi kesehatan. Jika anda telah menuangkan 2 sendok teh gula  jangan berlebih untuk menuang creamer atau susu pada kopi di cangkir. Karena hal ini justru membuat kalori harian anda tinggi.

5.      5. Frekuensi minum kopi seduhan atau instan bagi orang yang sehat adalah 1-3 cangkir per hari. namun jangan sampai melampaui batas normal.

6.       Ketika anda sedang mengkonsumsi kopi, sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan ringan dan cemilan manis. Karena nyemil dan ditemani secangkir kopi akan membuat anda tidak berhenti mengunyah, serapan kalori dan lemak pada tubuh akan meningkat. (WN) Foto: Dok: Sipa Press

 

Author

DEWI INDONESIA