Empat Pesona di Sumba Timur
Temukan keindahan Sumba Timur yang mendamaikan jiwa, seperti yang dituturkan Maera Panigoro.
25 Sep 2014


1 / 3

Bertolak ke Sumba Timur, tak ada lagi yang harus Anda persiapkan selain jiwa yang siap menemukan ketenangan. Seperti perjalanan yang dilakukan Maera Panigoro, seniman sekaligus produser seni pertunjukan, beberapa waktu silam. Berikut empat diantaranya:

1.    Bukit Wairingin.
Belum sah pergi ke Sumba Timur tanpa menyambangi bukit ini. Bukit ini merona dengan dengan warna yang berubah-ubah dan seolah seperti hidup, karena rumput-rumput tinggi yang melambai tertiup angin.

2.    Bukit Padadita. Salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam di Sumba Timur. Opsi lainnya adalah bangun sedini mungkin, menaiki bukit, lalu memandangi matahari terbit bersama udara segar. Selanjutnya nikmati pagi dengan pemandangan sabana yang terbentang sejauh mata memandang.

3.    Pantai Watuparunu.
Belum ada jalan yang terbangun sempurna menuju tempat ini. Namun jika Anda berhasil sampai, pantai ini akan terasa layaknya pantai milik Anda sendiri. Menurut Maera, suasana tenang pantai ini yang membuatnya menjadi tempat tepat untuk Anda yang ingin meditasi atau melakukan yoga tepi pantai.

4.    Desa adat Rende
Desa ini memiliki banyak industri rumahan. Penduduknya membuat kain tenun dan kerajinan tangan seperti tudung saji. Bila beruntung, Anda bisa menemukan kain tenun Sumba yang berusia hingga ratusan tahun. Desa ini juga menjadi satu-satunya tempat Anda untuk membeli buah tangan dan kerajinan khas. (AP) Foto: Maera Panigoro, Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA