Enam Tahun Pantry Magic Jakarta
Lima chef muda unjuk gigi di perayaan hari jadi Pantry Magic yang ke-6.
10 Nov 2014


Serambi dan area parkir Pantry Magic Jakarta di kawasan Kemang seketika berubah menjadi dapur dadakan, Sabtu (8/11) lalu. Lima chef muda masing-masing mengambil tempat, siap beradu kebolehan. Andry Suriaputra dari The Fctry Jakarta, Adrian dari Surabaya, Jatu Anurantha dari Bvlgari Resort Bali, Talitha Setyadi dari Beau Jakarta, dan Angela Stasia dari Marylebone Jakarta. Bukan tanpa sebab kelimanya beraksi. Gelaran ini kembali dihelat Pantry Magic Jakarta untuk yang ke-tiga kalinya dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-6.

Yang berbeda di Battle of The Young Chefs kali ini, kelimanya ditantang untuk memunculkan nostalgia dan mengemasnya dengan kreasi baru dalam bentuk amuse bouche untuk 200 orang. Pilihannya yaitu menyajikan hidangan yang ikut hadir di masa kecil ataupun hidangan yang lekat dengan kampung halaman. Di hari sebelumnya, kelimanya hanya dibekali uang 250 ribu untuk berbelanja, lalu memproses bahan masakan hingga setengah jadi yang bertempat di Almond Zucchini. Yang juga seru adalah tantangan dari tim Pantry Magic berbentuk quality challenge. Kelimanya ditantang untuk mengenal kualitas produk dan memilih produk yang lebih baik sebelum akhirnya memutuskan memasak.

Andry yang belajar masak secara otodidak dan besar di Perth, Australia membuat Perth Shrimp and Pea Puree. Sementara Adrian membuat Potato Salad with Squid. Saat mengolahnya, ia mengimbuhkan terasi dan menyelesaikannya dengan taburan teri medan goreng. Jatu mengolah Lamb Croquette yang kaya dengan rempah aromatik, salah satunya dengan menggunakan daun jeruk sebagai bahan yang kerap digunakan pada masakan Bali. Lebih dikenal sebagai pastry chef, Talita Setyadi yang lahir di Jakarta membuat Asinan Jakarta and Lemongrass Chicken Choux dengan imbuhan Arenga sugar sauce. Sementara Angela Stasia yang besar di Medan membuat Medan Beef Curry. Para tamu yang seluruhnnya merupakan penikmat kuliner dipersilakan untuk mencicipi, memasangkannya dengan Sababay Wines, lalu melakukan voting.

Terdapat pula beberapa tantangan lain yang diikuti kelimanya. Untuk De-bone Chicken, yakni melepaskan daging ayam dengan kulit, dimenangkan oleh Adrian yang menyelesaikannya hanya dalam waktu 29 detik. Sementara tantangan Whisking Egg Whites dimenangkan oleh Talita Setyadi. Hingga akhirnya momen yang ditunggu pun tiba, Jatu Anurantha keluar sebagai pemenang tantangan amuse bouche. Congratulations and Happy Anniversary!

(AP)


 

Author

DEWI INDONESIA