Hangover Cure Versi Chef Edwin Lau
Berbagai jenis makanan yang efektif memulihkan metabolisme tubuh usai berpesta.
1 Jan 2013


Ingin tahu jenis makanan dan minuman yang bisa membantu tubuh Anda melakukan detoksifikasi maksimal setelah lelah berpesta tahun baru hingga pagi menyapa?

1. Meneguk air kelapa. Minuman ini bersifat isotonik, jadi akan lebih cepat diserap oleh peredaran darah serta mencegah dehidrasi saat hangover melanda. Disarankan minum air kelapa muda murni setelah meminum minuman beralkohol. Jangan diganti dengan yang instan karena hanya air kelapa asli yang memiliki lebih banyak kandungan ion aktif.

2. Segelas grapefruit juice untuk sarapan. Kandungan antioksidan di dalamnya membantu metabolisme organ hati saat Anda terlalu banyak minum beralkohol. Kandungan gula pada grapefruit juice juga lebih rendah daripada orange juice, sehingga lebih cocok untuk proses detoksifikasi.

3. Konsumsi daging steak. Protein merupakan sarana  untuk penyebaran oksigen di tubuh, dan sapi adalah salah satu sumber protein tinggi padat nutrisi. Di sisi lain, alkohol menghambat penyerapan oksigen. Oleh karena itu daging steak sesuai sebagai makanan pendamping minuman beralkohol.

4. Mengudap kacang-kacangan. Sebab kacang kaya akan lemak sehat yang juga bisa memperlambat penyerapan alkohol. Pilih olahan kacang panggang seperti almond, walnut, macadamia, atau brazil nut. (DI) Foto: Corbis.

 

Author

DEWI INDONESIA