Indonesia Negeri Kaya Cokelat
Satu hari merayakan cokelat sebagai kekayaan Nusantara.
20 Oct 2012


1 / 5

Pemerintah baru saja mencanangkan tanggal 16 September sebagai Hari Kakao Indonesia, di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (12/10) lalu. Rencananya Hari Kakao Indonesia ini akan diperingati setiap tahun, dengan menggelar pekan promosi kakao dan cokelat bersama seluruh masyarakat Indonesia. Pencanangan ini didukung sejumlah pemangku kepentingan di sektor kakao, dari Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian hingga sejumlah asosiasi dan peneliti biji kakao serta cokelat.

Pemilihan tanggal 16 September mengacu pada saat dilakukannya riset pertama atas klon unggulan kakao Indonesia, yaitu Java Edel Cocoa. Klon kakao tersebut berkualitas tinggi dan sempat mengharumkan nama Indonesia di pasar dunia, yang ulasannya dimuat di majalah De Bergcultures pada 16 September 1948.

Biji Kakao adalah salah satu komoditas andalan perkebunan Indonesia, yang menempati peringkat tiga penghasil devisa negara tertinggi, serta menciptakan lapangan kerja bagi 1,6 juta petani. Saat ini, Indonesia adalah negara produsen kakao terbesar ke-tiga dunia setelah Pantai Gading dan Ghana. Dengan strategi pertumbuhan industri yang tepat, bukannya tak mungkin kelak Indonesia menjadi produsen kakao terbesar di dunia. (DI) Foto: Dok. Hotel Borobudur.

 

Author

DEWI INDONESIA