Intip Tip tentang Kopi
Beberapa hal yang perlu diketahui tentang kopi
25 Feb 2015


Sebelum Anda menentukan kopi Anda hari ini, pahami hal-hal berikut:
  • Menyambangi gerai kopi, kini Anda disuguhkan pemandangan deret alat peracik kopi secara manual. Teknik meracik ini bernama manual brewing. Beda alat, maka beda pula karakter kopi yang dihasilkannya. Anda peminum kopi pemula bisa memilih untuk dibuatkan dengan menggunakan syphon, rasa yang keluar akan cenderung ringan. V60 bisa digunakan untuk Anda yang mendamba kopi dengan acidity yang lebih kuat. Bila menggunakan Aeropress maka rasanya akan lebih bodied, sementara Kalita Wave bisa Anda pilih jika Anda mengidamkan cita rasa yang seimbang.  
  • Jangan terburu-buru menambahkan gula pada kopi Anda, karena selalu terselip jejak rasa otentik berbeda di balik pilihan kopi lokal yang Anda minum. Bila Anda tetap ingin mengurangi kadar pahitnya, bisa menambahkan susu yang dipanaskan hingga suhu 65°C - 75°C. Pada suhu ini proses alami gula akan terbentuk dari protein susu yang telah dipanaskan.  
  • Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi hingga baik untuk kesehatan. Hanya saja konsumsinya disarankan tidak boleh berlebihan. 2 – 3 gelas kopi per hari dirasa cukup. Kopi bersifat diuretik. Jika terlalu banyak justru bisa membuat Anda dehidrasi.
  • Pesanlah espresso, jika Anda ingin mengetahui karakter cita rasa kopi yang sesungguhnya.
  • Kini tersedia berbagai macam kelas kopi. Anda yang ingin serius belajar meracik kopi bahkan ingin menjadi barista sekalipun, dapat mengikuti kelas kopi di ABCD Coffee di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Mulai dari sejarah kopi arabika, sifat kopi, cara membedakan jenis kopi, cara menyeduh kopi tanpa mesin, evaluasi rasa dan kualitas kopi, hingga kelas lanjutan membuat latte art tersedia di sini. (AP) Foto: Dok. Dewi.

 

Author

DEWI INDONESIA