Keliling Jakarta dengan Bus Tingkat
Nyamannya menyambangi objek wisata ibukota.
6 Mar 2014


Kerinduan melihat bus tingkat berkendara mengelilingi ibukota kini terjawab sudah. Jakarta kembali memiliki bus tingkat. Bedanya, kali ini ditujukan untuk pariwisata. Sebanyak lima unit bus tingkat wisata disiapkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan telah beroperasi mulai Februari lalu. Sepintas, Anda pun langsung bisa mengenalinya, karena bus ini hadir cukup eksentrik dengan tampilan berwarna ungu dan hijau, dengan slogan ‘Wisata Keliling Jakarta!’ yang tertempel di dinding bus.

Bus yang didatangkan dari China ini melayani penumpang, baik turis maupun masyarakat secara gratis. Berwisata dengannya juga cukup nyaman. Beberapa petugas akan selalu disiagakan, juga hadirnya seorang pemandu wisata yang akan menjelaskan sejarah beberapa objek wisata secara singkat. Terdapat pula kamera CCTV di setiap unitnya. Jok kursi biru terasa empuk dengan ruang yang tidak terlalu sempit. AC terasa cukup dingin. Di samping pintu masuk tengah, tersedia ruang kosong untuk penyandang cacat. Penumpang dibolehkan membawa makanan dan minuman, hanya saja dilarang untuk merokok.

Bus ini akan melewati beberapa jalan protokol, antara lain Bundaran HI, Sudirman, Thamrin, Merdeka Barat, Juanda, dan Harmoni. Anda yang ingin menjajalnya dapat menunggunya di halte bus dengan stiker ‘shelter bus tingkat’mulai pukul 09.00 hingga 21.00. (AP) Foto: Dok. AP


 

Author

DEWI INDONESIA