Opsi Makanan Musim Hujan
Pilihan menu dan tip sehat untuk menyelamatkan Anda dari risiko masalah kesehatan selama musim hujan.
16 Jan 2014


Musim hujan masih terus melanda ibukota dan sebagian besar daerah di Indonesia. Tentu Anda membutuhkan asupan makanan yang menghangatkan tubuh, sekaligus mencegah dari terkena penyakit musim hujan. Bahkan meski Anda tengah menjalani diet sekalipun, bukan berarti kandungan nutrisi harus hilang dari asupan menu Anda. Simak opsi makanan dan tip sehat di musim hujan berikut ini:

1. Buah: Pir, persik, plum, pepaya dan pisang, dengan kandungan nutrisi masing-masing yang baik untuk tubuh, dapat dimasukkan ke dalam menu diet Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Pastikan buah dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Hindari buah yang telah dipotong atau dikupas yang dijual oleh pedagang kaki lima.
2. Sup: Inilah menu yang terhitung paling aman selama musim hujan. Sebab tersedia beragam kandungan nutrisi untuk membunuh bakteri dalam semangkup sup. Cobalah berbagai kombinasi sayuran atau daging, seperti tomat, bawang, kentang, asparagus, wortel dan ayam ketika mempersiapkan sup.
3. Sayuran hijau: Sebisa mungkin sayuran selalu menjadi bagian dari menu Anda. Ekstra hati-hati untuk sayuran berdaun pada musim hujan, misalnya kembang kol, kubis, bayam, harus dicuci dan dibilas dengan presisi, untuk menjauhkan bekas serangga yang menempel.
4. Teh herbal: Konsumsi teh herbal, seperti jahe dan lemon tea, disarankan selama musim hujan untuk menjauhkan flu. Dua cangkir teh herbal setiap hari membantu menyingkirkan racun berbahaya dalam tubuh.
5. Bawang putih: Semburat bawang putih dalam makanan olahan sesungguhnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih mentah juga efektif dalam memerangi infeksi virus.
6. Kunyit: Kandungan kunyit memiliki sifat anti-inflammatory dan kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
7. Labu: Labu juga dapat menjadi pilihan bahan makanan yang baik selama musim hujan, sebab diperkaya dengan mineral, seperti kalsium, magnesium dan mangan.

Tip mengonsumsi secara sehat:
- Jika Anda diet, tetaplah pada menu khusus Anda, namun pastikan bahwa makanan dimasak dengan baik dan hangat.
- Sebelum mengonsumsi buah-buahan mentah dan sayuran, pastikan bahwa Anda telah mencucinya dengan baik.
- Hindari memakan salad atau sea food alias makanan laut yang mentah saat pergi makan di luar rumah, untuk mencegah infeksi penyakit.
- Pastikan bahwa menu Anda seimbang dan kaya protein.
- Sebagian besar infeksi penyakit pada musik hujan ditularkan melalui air. Tak ada salahnya memastikan minuman Anda dimasak, dengan kemasan air yang bersih atau dimurnikan.
- Jangan menambahkan es batu yang dibeli di luar ke dalam air, untuk mencegah air terkontaminasi.

(DI) Foto: Adha Togi

 

Author

DEWI INDONESIA