Osteria ala Torino
Suasana bersantap ala osteria khas Italia di Jakarta.
7 Dec 2012


1 / 4
Dalam dunia kuliner Italia, setidaknya dikenal tiga besar tipe restoran, yakni, ristorante, trattoria, dan osteria. Jika ristorante identik dengan segala sesuatu yang formal, mulai dari ambians, etiket pelayanan, tata meja hingga set menu makanan, maka trattoria cenderung lebih kasual. Di trattoria, Anda bisa menemukan menu makanan lebih sederhana meski tetap variatif, dengan harga menengah dan pelayanan lebih kasual. Sementara osteria, adalah tata restoran yang paling nonformal dari klasifikasi restoran tersebut.

Osteria dalam istilah Italia berarti tempat makan yang menyajikan simple food dan wine. Menu makanan osteria berfokus pada menu khas lokal, dan bukan hal tabu untuk makan bersama di satu meja khas suasana kedai. Ideal untuk makan siang ringan, osteria juga menyenangkan untuk pilihan tempat relaks di malam hari.

Osteria kini bervariasi dalam prakteknya. Di Jakarta, konsep osteria ini dipraktekkan oleh Torino. Lokasinya ada di Jalan Gunawarman, yang semakin bertaburan dengan restoran baru. Tata interior Torino yang tanpa sekat terkesan lapang, terbuka, dan bersahaja. Namun menunya yang terdiri dari pasta, zuppa, steak, dan pizza, dengan resep rumahan terasa istimewa.

Anda bisa mencoba beberapa menu favoritnya, seperti Tagliatele, yakni kombinasi pasta, baby squid, anggur putih, saus tomat, dan parsley, atau Pizza Margherita, yakni seporsi pizza berukuran besar, dengan kombinasi saus tomat, mozzarella, basil dan olive oil, yang disajikan di atas talenan kayu dengan aroma menggoda. Torino memang tampil serba santai dan kasual, namun tetap lengkap dengan satu rak kayu tinggi berisi koleksi wine Italia, yang bisa dipilih sesuai selera. Anda penggemar kuliner Italia, bisa memasukkan Torino ke dalam daftar kunjung Anda untuk makan siang atau bersantai usai jam kerja. (DI) Foto: Surya Tanggono.

Torino
Jln. Gunawarman No. 11 A
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7220267

Baca rubrik Resto di majalah dewi edisi Desember 2012 untuk melihat berbagai destinasi kuliner terpopuler yang wajib dikunjungi sebelum tahun berganti.  

 

Author

DEWI INDONESIA