Prinsip Primal Faviken Magasinet
Dipimpin oleh Chef Magnus Nilsson, salah satu restoran terbaik dunia saat ini membawa isu lokalitas dan sustainability ke tingkat yang lebih serius.
23 Jan 2012


1 / 10

Popularitas Rene Redzepi dan pendekatan local sustainability yang kini mendefinisikan gerakan kuliner Skandinavia ternyata menginspirasi sosok Chef Magnus Nilsson. Koki berusia 28 tahun ini kini mengepalai Faviken Magasinet yang tahun lalu memenangkan tempat dalam daftarSan Pellegrino World's Best 100 Restaurants. Kesuksesan Nilsson memang cukup menggemparkan, mengingat ukuran restoran yang hanya memuat 12 kursi. Belum lagi lokasinya yang nun jauh di sebuah pedalaman Jèrpen, Swedia Utara.

Menu yang disajikan di sini seluruhnya diracik dari bahan-bahan lokal terbaik berdasarkan musim, tanpa kompromi. Ironisnya, Nilsson yang pernah menimba ilmu di Paris di bawah bimbingan Alain Passard (L'Arpage)dan Pascal Barbot (L'Astrance) ini justru menjauhi presisi teknik, memilih grill dibanding prosedur sous vide. Konon ia bahkan tidak memperbolehkan penggunaan termometer di dapurnya. Meski demikian, hidangan yang ditampilkan tidak hanya terlihat indah tapi juga jujur. Salah satunya scallops from Hitra Island served over Juniper embers. Yang menarik dari sajian Nilsson adalah bahwa cita rasa yang dihadirkan sama sekali bebas dari pengaruh luar. Sesungguhnya,one of its kind! (JO)

Foto: Dok. Faviken Magasinet

 

Author

DEWI INDONESIA