Resep Scotch Egg
Sambut hari raya Paskah dengan memasak sendiri hidangan klasik ini.
4 Apr 2014


Scotch Egg, pertama kali dibuat oleh Fortnum & Mason di Picadilly, London, pada abad ke-19. Praktis dibawa-bawa sebagai bekal piknik, namun bercitarasa sedap. Scotch Egg sempat menjadi hidangan pesta piknik favorit saat ada perayaan penting di Inggris, seperti ulang tahun penobatan raja dan ratu. Berminat membuat Scotch Egg untuk hari raya Paskah? Berikut ini resep yang dapat Anda praktekkan:

Bahan-bahan:
6 butir telur
200gr daging sosis
200gr daging sapi cincang
3 sdm cacahan rempah-rempah campuran (misalnya chives, sage, parsley, dan thyme)
Sejumput juring pala, haluskan
1 sdm mostar Inggris
Susu, secukupnya
50gr tepung terigu
100gr tepung roti panko
Minyak untuk menggoreng, secukupnya.

Cara memasak:
1. Taruh empat butir telur di panci berisi air, didihkan. Kecilkan api dan biarkan selama lima menit, lalu langsung pindahkan ke mangkuk besar berisi air es selama 10 menit.
2. Masukkan daging, rempah-rempah, dan juring pala ke mangkuk, beri bumbu dan campur rata dengan tangan. Bagi menjadi empat bagian.
3. Kupaslah telur dengan hati-hati. Kocok dua telur mentah di mangkuk bersama sedikit susu. Masukkan tepung terigu ke mangkuk ke-dua dan beri bumbu, lalu masukkan tepung roti ke mangkuk ke-tiga. Deretkan mangkuk-mangkuk tersebut.
4. Letakkan kertas film pembungkus makanan berbentuk persegi di atas meja dapur, dan beri tepung terigu sedikit. Letakkan salah satu campuran daging di tengahnya, dan beri tepung terigu sedikit, lalu taruh kertas film persegi di atasnya. Giling daging sampai cukup besar untuk ditempati sebutir telur, dan lepaskan kertas film pembungkus makanan yang di atas.
5. Untuk penataan telur, gulingkan sebutir telur yang sudah dikupas di tepung terigu, lalu tempatkan di tengah daging. Angkat sudut-sudut kertas film hingga membungkus daging dan telur, lalu bentuk seperti telur dengan tangan. Celupkan tiap telur di tepung, di kocokan telur mentah, di tepung roti, di kocokan telur mentah, lalu di tepung roti lagi.
6. Isi sebuah penggorengan besar dengan minyak sayur hingga sepertiganya, dan panaskan hingga 170oC. Goreng telur dua-dua, selama tujuh menit, sampai renyah dan cokelat keemasan, lalu tiriskan dengan kertas tisu dapur sebelum disajikan.

(MUT) Foto: MUT, Scotch Egg: Good For Eats (G48) Private Dining

 

Author

DEWI INDONESIA