Sambal Matah Versi Modern
Sambal khas Bali ini bisa diolah dalam beragam eksplorasi menu modern.
30 Jan 2013


Dori Fillet with Sambal Matah (Lulo Kitchen & Bar)
1 / 3
Rasa tajam yang menggugah selera membuat sambal khas Bali ini digemari, bahkan tersohor mendunia. ‘Matah’ yang berarti ‘mentah’ memang menjabarkan bahwa sambal ini hadir dalam paduan bumbu dan rempah mentah. Namun justru berkat citarasa alami dan aromanya yang khas tersebut, sejumlah restoran tak ragu mengangkat dan mengolah sambal matah ke dalam daftar menu mereka. Coba simak contohnya berikut ini:

1. Dori Fillet with Sambal Matah (Lulo Kitchen & Bar)

Gurihnya butter rice didampingi dengan lembutnya fillet ikan dori yang digoreng kering, terasa lezat dan menendang lidah karena olesan pedasnya sambal matah di atasnya. Dori Fillet with Sambal Matah ini tepat untuk Anda yang menyukai masakan bercitarasa pedas.

2. Nasi Jeruk (Lucy in the Sky)

Untuk Anda yang rindu dengan sajian nasi campur khas Bali, coba langkahkan kaki ke Lucy in the Sky dan pesan menu nasi campur ini. Tersaji dengan pepes tahu, gadon, gabus cabe ijo, suwiran daging ayam bakar, kering tempe, dan tentunya sambal matah, hidangan ini benar-benar lezat dan unik di lidah. Satu porsi nasinya yang kental dengan aroma jeruk pasti akan mengenyangkan perut Anda.

3. Tomato Basil Salad with Sambal Matah Dressing (Cafe Aria)

Paduan semangkuk sayur-sayuran segar yang layak menjadi menu pembuka Anda sebelum melahap menu utama. Bulir-bulir jeruk Bali berpadu dengan sambal matah mengantarkan kesegaran tiada dua dari salad yang satu ini. (DI) Foto: Dok. Dewi

 

Author

DEWI INDONESIA