Secangkir Kopi Barista Juara Dunia
Petunjuknya adalah kopi Caffe Vergnano 1882 di restoran Umabo.
10 Nov 2014


Barista M. Choirudin Syah (Irul) dan Chef Fernando Sindu -salah satu pemilik Umabo- saat menghadiri World Caffe Vergnano Barista Competition 2014 di Paris.
1 / 1
Umabo, restoran gourmet fast food yang berlokasi di kawasan Jalan Wijaya, Jakarta, baru
saja menikmati kemenangan manis baristanya di ajang World Caffe Vergnano Best Barista
Competition. Barista bernama M. Choiruddin Syah yang akrab disapa Irul, berhasil
memenangkan kompetisi tersebut setelah menyisihkan barista-barista lainnya di Jakarta,
Singapura, lalu Paris. Pada final kompetisi di Paris, saingan Irul datang dari Italia,
Polandia, Yunani, Slovenia, hingga Belarus.

Menggunakan biji kopi Caffee Vergnano yang juga biasa dipakai oleh Umabo, Irul berhasil menyelesaikan tantangan membuat empat cangkir espresso, empat cangkir espresso macchiato, dan sebanyak-banyaknya porsi cappuccino take-away dalam waktu 15 menit.
Bukan hanya menyelesaikan tantangan tersebut secara tepat waktu, Irul juga memecahkan rekor dengan membuat delapan cangkir cappuccino take-away sekaligus. Ia pun mengumpulkan poin tinggi untuk kategori efisiensi, kerapian, dan kebersihan. Nilai
lebih bahkan didapat Irul dari pembawaannya yang banyak tersenyum. Saat ditemui di
Umabo sepulangnya dari Paris, Irul diminta mengulang kembali menit-menit kemenangannya dan mengaku lebih gugup ditonton editor kuliner daripada para juri di kompetisi barista. Hasilnya, ia berhasil menyelesaikan empat cangkir espresso dan enam cangkir cappuccino.

Kini, Umabo menjadi tempat yang terduga untuk menemukan secangkir kopi yang membuai
selera. Ditanya apa rahasianya bisa membuat kopi berkualitas dalam waktu singkat, Irul menyebut pelatihan dengan pisau grinder kopi yang sengaja dibuat aus. Maksudnya, Irul berlatih menghaluskan biji kopi menggunakan grinder yang pisaunya aus. Sehingga ketika berlaga di kompetisi, ia bisa dengan cepat menggiling biji kopi dengan grinder berpisau tajam.

Merayakan kemenangan Irul, Umabo pun menetapkan November tahun ini sebagai Coffee Month yang memberikan secangkir kopi cuma-cuma untuk setiap pembelian churros atau lasagna, pada pukul 3-5 sore setiap hari kerja.

(MUT) Foto: MUT, Dok. Umabo

 

Author

DEWI INDONESIA