Sedapnya Hidangan Vegan
Selingan sehat untuk menu makan Anda, tanpa perlu korbankan rasa.
2 Oct 2012


1 / 5

Hidangan vegan itu bisa enak. Bahkan meski disajikan segar tanpa dimasak sekalipun. Simone Samuels, juru masak raw food asal Australia yang menetap di Jakarta, beberapa kali berbagi ilmu di Pantry Magic Kemang. Go Raw for Dinner and Dessert, demikian tajuk kelas memasak hidangan mentah tersebut. Sebagai pembukaan, biasanya Simone akan memulai dengan resep minuman seperti Cashew-Nut Milk, Liquid Vanilla, dan Almond-Nut Milk. Ada pula minuman Banana & Nut-Butter ‘Milkshake’ yang mendapatkan rasa manisnya dari pisang serta rasa gurih dari susu kacang mede atau susu kacang almon yang sudah dibuat sebelumnya. Susu kacang dan milkshake ala vegan ini tak sulit untuk dihabiskan.

Resep raw food Simone yang pernah belajar di Vegetarian Health Institute serta memiliki sertifikat Uncooking 101 School ini juga mencakup sup hingga ‘pasta.’ Creamy Vegetable Soup, misalnya, berbahan antara lain air, miso paste, kacang mede, jamur shiitake, zucchini, dan brokoli. Bahan soup base hanya dicampur serta dihaluskan dengan blender, lalu disiramkan ke sayuran yang telah diiris-iris. Rasanya segar, mengingatkan akan semangkuk gazpacho namun dengan tekstur yang lebih renyah.

Hidangan utama yang juga signature dish Simone pada kelas memasak yang diadakannya ataupun pesta potluck yang didatanginya adalah Pesto Pasta with Marinated Mushrooms & ‘Parmesan.’ Timbul pertanyaan, ‘Bagaimana membuat pasta tanpa boleh memasaknya?’ Rupanya Simone membuat pasta dari zucchini yang dikeruk dengan alat bernama spirooli (spiral vegetable slicer). Pesto dibuat dari biji labu, minyak zaitun, apple cider vinegar, basil, parsley, garam, dan bawang putih. Sedangkan ‘parmesan’ untuk taburan pasta ini dibuat dari kacang mede, bawang putih, dan garam yang diolah dengan coffee grinder/spice mill. Rasanya tak mengecewakan. Simone pun menutup kelasnya dengan membuat dessert yaitu chocolate brownies. Bahan utamanya kacang mede, kurma medjool, dan bubuk cacao yang dicampur di food processor. Jadilah seloyang brownies yang takkan menimbulkan remah-remah saat digigit, berkat campuran kurma medjool yang kenyal. Rasanya… membuat ketagihan! Sesekali menyantap hidangan mentah ala vegan, tak perlu lagi menjadi siksaan. (MUT) Foto: MUT

Pantry Magic Kemang
Jl. Kemang Raya 14B, Jakarta 12730, Telp. (021) 718-2573

Info Kelas & Resep Simone Samuels:
 www.therawwarung.com

Resep Chocolate Brownies:
www.shineonraw.com

 

Author

DEWI INDONESIA