Situs Wisata Terbaru dari Wikivoyage
Tulis sendiri ulasan destinasi wisata favorit Anda dan sebarkan pada dunia.
22 Jan 2013


Ingin berkunjung ke eksotisnya kota Staraya Russa di Novgorod Oblast Rusia, atau diving di The Cape Peninsula and False Bay di Cape Town Afrika? Yang pertama Anda lakukan pasti mencari referensinya. Dan tidak ada referensi terbaik selain ulasan yang diberikan langsung oleh mereka yang pernah mengalami wisata di daerah itu sendiri. Setidaknya, itulah yang ditawarkan oleh situs Wikivoyage (www.wikivoyage.org).

Situs panduan wisata yang baru saja diluncurkan oleh Yayasan Wikimedia (yang membuat situs Wikipedia) memang menggunakan sistem nonprofit, bukan untuk iklan, dan sangat terbuka atas kontribusi publik (user-generated content). Pada Wikivoyage, setiap orang bisa mengontribusikan artikel, meng-update, dan meng-edit-nya sendiri. Wikivoyage sesungguhnya sudah berjalan sejak tahun 2006 di bawah nama Wikitravel. Hingga kini, Wikivoyage sudah berisi puluhan ribu artikel yang ditulis secara kolaboratif oleh sukarelawan. Ada sekitar 200-an editor yang juga sukarelawan menyunting tulisan-tulisan di Wikivoyage. Tujuan Wikivoyage sesungguhnya untuk menyediakan informasi tentang destinasi wisata dan rekomendasi resto, hotel, hingga nightlife di dunia. Seperti tertulis pada situsnya: "Wikivoyage is a project to create a free, complete, up-to-date, and reliable world-wide travel guide."

Namun dibandingkan Wikipedia, kebijakan di Wikivoyage lebih ‘membebaskan.’ Jika sudut pandang tulisan di Wikipedia harus bersifat netral, maka pada Wikivoyage Anda bisa lebih bebas berbagi pengalaman pribadi saat berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut. Konten Wikivoyage saat ini tersedia dalam sembilan bahasa, yaitu Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Spanyol, dan Swedia. (DI) Foto: Dok. Corbis.

 

Author

DEWI INDONESIA