Tahun 2012, Tahun Gastronomi di Brussels
Temukan inspirasi di kota Brussels tentang bagaimana gastronomi begitu dijunjung tinggi.
16 Jan 2012


Gastronomi pada dasarnya adalah ilmu dan seni tentang makanan (good eating). Sebuah pembahasan dari hulu ke hilir di ranah kuliner, tentang bagaimana melakukan preparasi, produksi, hingga penyajian hidangan.

Bicara tentang gastronomi, Belgia adalah salah satu negara yang tahu benar potensi wisata unggulannya terletak pada kekayaan kulinernya, khususnya di bidang gastronomi makanan. Anda tentu mengenal keahlian memasak chef dari Belgia, di samping itu beragam resto yang tak habis-habis berkreasi. Baru-baru ini, Belgia meresmikan tahun 2012 sebagai Tahun Gastronomi di kota Brussels dengan tajuk Brusselicious 2012. Peresmian sendiri dilakukan melalui acara peluncuran yang meriah di Grand Place, 9 Januari 2012 lalu. Tahun ini Brussels akan diisi dengan kalender gastronomi, di mana sepanjang tahun akan penuh dengan rupa-rupa pameran dan festival makanan. 

Pada intinya semangat Brusselicious2012 adalah mendorong setiap penggiat resto dan perusahaan bidang makanan di kota tersebut, untuk meningkatkan citra kualitas dan kreativitas,serta menaruh kredibilitas serius dalam tiap sajian menunya. Artinya, setiap pencinta kuliner yang datang diusahakan harus terpuaskan, entah itu melalui sepotong cokelat Belgia,sepiring waffle, atau mungkin sebotol bir. Anda pencinta kuliner penasaran dengan reputasi keahlian memasak ala Belgia? Tak ada salahnya berkunjung, dan rasakan betapa kreativitas memasak begitu diapresiasi di Brussels. (DI)

Foto: Dok. Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA