Tips mengunjungi Cappadocia Turki ala Desainer Cotton Ink
Desainer dan pendiri label Cottonink, Carline Darjanto, berkelana hingga ke Cappadocia demi menggali inspirasi desain baru.
19 Mar 2015


Pemandangan ngarai, lembah, juga bukit yang tersebar di seluruh wilayahnya, serta formasi bebatuan raksasa yang terkena erosi air hujan dan angin selama ribuan tahun tapi malah jadi memesona. Merupakan alasan Carline Darjanto Desainer dan pendiri label Cottonink  Desainer dan pendiri label Cottonink mengunjungi Cappadocia. Selama disana ia menemukan hal menarik yang ditemukan begitu sampai di sana, antara lain Banyak penduduk tinggal di rumah gua, yang terbentuk dari materi vulkanik yang mengeras. Meski tidak dilengkapi pendingin ruangan, bagian dalamnya terasa sejuk di musim panas. Tapi saat musim dingin tiba, justru hangat.

Saat mengunjungi Cappadocia, Carline juga tak lupa untuk mengisi aktivitas untuk tidak kehilangan banyak momen saat disana dengan menikmati panorama indah dari dalam keranjang balon udara saat matahari terbit. Saya juga berwisata kuliner ke restoran-restoran kecil dan mengunjungi ahli keramik turun-temurun. Di Cappadocia Carline mendapati restoran yang hingga kini belum terlupakan, yaitu  Sebuah tempat yang menghidangkan masakan rumahan dengan testi kebab sebagai salah satu menunya. Makanan itu dimasak di atas arang menggunakan clay pot, kemudian ditutup dengan adonan tepung. Jika telah matang, hidangan itu disajikan dengan cara memecah si clay pot.

Carline membagi tips untuk para pembaca, aktivitas menarik yang menurut nya wajib dilakukan saat mengunjungi Cappadocia. Naik balon udara, Ingatlah untuk melakukan reservasi dari beberapa minggu sebelumnya. Anda juga bisa mengunjungi tempat pembuatan keramik, dan melihat peragaan cara membentuk keramik khas Turki, proses pewarnaannya, serta pembuatan motif khas Turki antara lain motif bunga Tulip dan Carnation yang melambangkan cinta dan kedamaian. Workshop serta gudang keramik berada di dalam gua, sehingga hawanya selalu terasa sejuk. Destinasi selanjutnya yang ingin diwujudkan oleh Carline Darjanto ialah Keliling Eropa sekaligus menghadiri festival  film Cannes, Mei tahun ini. (AJENG PUSPITA) Foto: Dok. Carline, AFP, Corbis

 

Author

DEWI INDONESIA