Wisata Kereta Eropa
Perjalanan melintasi kota-kota eksotis dengan fasilitas kereta serasa hotel bintang lima.
11 Jul 2012


Penggunaan kereta api untuk traveling jarak jauh mungkin tak sepopuler atau sefamiliar pesawat. Namun mengapa tidak memilih moda transportasi yang satu ini? Apalagi jika kereta apinya diiringi segala interior elegan dan kenyamanan kelas satu. Dan rupanya wisata penuh gaya dengan berkereta, tak kekurangan gairahnya di musim panas ini. Orient Express yang telah legendaris dikenal sebagai perusahaan kereta api untuk luxurious traveling, misalnya, baru-baru ini berencana menambah rute barunya untuk tujuan Skandinavia pada tahun 2013. Ada juga Rovos Rail, yang juga akan menambah jadwal keberangkatannya ke Kairo pada tahun 2014.

Anda yang tak mau ketinggalan menjajalnya, simak rekomendasi berikut untuk ragam destinasi pilihan. Rovos Rail menawarkan rute Cape Town, terus melangkah ke Botswana, Zimbabwe, hingga Tanzania, yang menghabiskan waktu dua minggu di atas kereta api mewah itu untuk melintasi garis Afrika. Sementara Orient Express, memiliki rute dari Venice hingga London yang akan memakan waktu 2 hari, dengan melewati Verona, Italy; Innsbruck, Austria; hingga Paris, sebelum sampai London. Orient Express juga memiliki rute wisata ke peninggalan suku Inca, Machu Picchu, di pedalaman Peru, dengan menyediakan kereta Hiram Bingham berwarna biru dan emas yang berkilauan untuk perjalanannya. Untuk rute ini, dibanderol biaya perjalanan pulang-pergi sekitar US$ 588 atau Rp 5 juta per orang.

Ada juga Napa Valley Wine Train menawarkan paket Evening Winery Tour, yakni 4 jam tur ke pabrik-pabrik wine ternama di California, mencakup wine tasting, dinner dan menginap. Sedangkan Danube Express, perusahaan kereta api swasta yang berkantor di London, Inggris, menawarkan perjalanan melintasi 9 negara di Eropa. Perjalanannya menyentuh kota-kota bersejarah, warisan budaya, dan ikon arsitektur Eropa, seperti Budapest, Transylvania, Praha, Gdansk, dan Istanbul, ditawarkan dalam 4 paket rute berbeda dengan lama perjalanan 8-13 hari per paket, dengan harga bervariasi, tergantung paket yang diambil. Di antaranya perjalanan melintasi Bosphorus hingga Baltic dibanderol sekitar Rp 82 juta. Yang istimewa dari paket-paket wisata kereta ini, seraya menikmati pemandangan alam yang melenakan selama berkereta, serta makan dan servis memuaskan, Anda juga tak usah khawatir akan merasa bosan. Sebab dimungkinkan juga untuk turun pada salah satu spot pilihan yang atraktif sebelum Anda sampai ke tujuan, (DI) Foto: Dok. Orient Express.

 

Author

DEWI INDONESIA