Joana Vasconcelos di Versailles
Setelah Koons dan Murakami, kini Vasconcelos menggelar pameran di Versailles

Joana Vasconcelos akan menjadi pusat perhatian di istana Versailes Juni 2012. Seniman Portugis kelahiran Paris itu akan mengadakan pameran di area istana yang pernah digunakan oleh seniman papan atas Takashi Murakamai, Jeff Koons, Xavier Velhan, dan Bernar Venet.

“Saya selalu memikirkan Versailles,” ujarnya. Meski demikian, ia lantas tidak bermaksud untuk menyesuaikan diri. Ia justru ingin berkonfrontasi. Ia merancang eksibisi ini bukan hanya sebagai dekorasi melainkan sebagai interpretasi kontemporer terhadap suatu tempat yang sangat legendaris. Ia mempertanyakan ide kemewahan dan keindahan melalui karya-karya baru yang ia ciptakan khusus untuk Versailles. Di saat yang sama, pameran ini mengeksplorasi sosok seorang wanita yang omnipresen dalam hal pendekatan, seperti saat ia berada di dalam Versailles. Ia menganut estetika popular namun tetap berkelas—sebuah dialog antara masa lalu dan masa kini yang membentuk bagian sejarah itu sendiri.

“Karya saya berkembang seputar ide bahwa dunia ini adalah sebuah opera dan Versailles mengandung estetika yang menginspirasi saya. Karya-karya yang saya ajukan ada untuk tempat ini. Saya melihat mereka terkait dengan dengan Versailles tanpa batas waktu. Saat saya berjalan melalui kamar-kamar dan taman istana, saya merasakan energi yang berkutat di antara realitas dan mimpi, keseharian dan keajaiban, perayaan dan tragedi. Saya masih bisa mendengar gema langkah kaki Marie Antoinette, musik dan suasana perayaan di kamar-kamar tersebut. Akan seperti apa Versailles apabila dunia yang begitu megah dan riang ini hadir di era kita?”

Bagi Anda yang penasaran ingin menyaksikan interpretasi Joana Vasconcelos, pameran ini akan berlangsung mulai 19 Juni hingga 31 September 2012. (JO)

Foto: Dok. Château de Versailles spectacles

 



JOIN OUR COMMUNITY