Membuka Tempurung Butet Manurung
Garis hidupnya kini seperti menyusuri mimpi-mimpi masa kecilnya.

Saur Marlina 'Butet' Manurung memilih tinggal di hutan dan menjadi guru untuk anak-anak rimba. Ia mendirikan Sokola di tahun 2004, sekolah untuk anak-anak pedalaman, bersama teman-temannya. Apa kabarnya kini?

Beberapa waktu lalu, ia meluncurkan novel berjudul Sokola Rimba yang berasal dari catatan hariannya. Novel tersebut kemudian diterbitkan dalam bahasa Inggris The Jungle School. Penerbitan itu ternyata banyak membantu aktivitasnya dalam mengembangkan Sokola. Saat ini, ia terpaksa harus sering meninggalkan istananya di hutan Jambi demi mencari dana dan sponsor untuk pendidikan anak-anak didiknya. "Tak apalah aku harus sering ke kota demi mereka, meski sebenarnya tanpa petualangan hari-hariku akan menjadi membosankan, "ujar Butet.

Berbagai kisah diri Butet, seperti cerita masa kecilnya bersama papa yang menurutnya overprotective, pengalamannya membangun saran pendidikan di pedalaman, hingga pendamping hidupnya kini, dapat disimak di artikel Profil majalah Dewi terbaru edisi September 2012.

 



JOIN OUR COMMUNITY