Mengintip Pesona Pameran Seni Yayoi Kusama Hingga ArtJog11
Dari Jakarta hingga Yogyakarta, dua pameran seni ini tak boleh Anda lewatkan

Yayoi Kusama
1 / 3
Terkadang, ketika kita merasakan emosi yang terlalu hebat dan tidak sedikit orang yang akan mengekangnya dalam sebuah kotak yang sempit, mencoba untuk menutupnya dan meredamnya agar tetap diam. Namun, terkadang luapan emosi tersebut sangat besar hingga meledak memenuhi seluruh ruangan. Luapan emosi tersebut dituangkan dalam bentuk karya dan disuguhkan oleh beberapa seniman-seniman ini.

Yayoi Kusama adalah salah satu artis paling berpengaruh di dunia, seninya telah memikat jutaan orang di seluruh dunia. Museum MACAN Jakarta (Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara) menjadi pemberhentian ketiga dan terakhir untuk pameran Yayoi Kusama, Life is The Heart of Rainbow. Menampilkan lebih dari 130 karya yang menggambarkan kreativitas sang seniman dan periode-periode penting dalam karier dan hidupnya, pameran ini penampilan kumpulan karya Yayoi Kusama terbesar yang pernah diadakan di Indonesia.                  
                                                      .
Beralih ke Yogyakarta, merayakan satu dekade berlangsungnya Art Jog, tahun 2018 ini Art Jog mengambil tema Pencerahan – Menuju Berbagai Masa Depan. Pencerahan membebaskan manusia dari kegelapan takhayul dan irasionalitas. Seni, dengan prinsip kebebasan berekspresi, adalah bagian penting dari proyek pencerahan.

Bagi mereka, pencerahan sesungguhnya adalah segala daya upaya untuk mengusir kegelapan, untuk membawa apa-apa dan siapa-siapa yang terkurung dalam kegelapan ke tempat terang, dan seni bisa menjadi cahaya yang datang ke wilayah-wilayah gelap itu. Acara ini mengajak para seniman untuk menjalin interaktivitas dan refleksi yang etis dan estetis, revolusi seni dan komodifikasi, yang berterima dan yang terbarukan, subversi dan komunikasi, seni dan ilmu, sejarah seni dan kekontemporeran. (AU) Foto: Dok. Museum MACAN, Dok. ArtJog
 

Keterangan:
YAYOI KUSAMA: LIFE IS THE HEART OF RAINBOW, 12 Mei – 9 September 2018, Museum MACAN, Jakarta, Indonesia.

ART JOG11: ENLIGHTMENT EXHIBITION, 4 Mei – 4 Juni 2018, Jogja National Museum, Jogjakarta, Indonesia.
 

 




JOIN OUR COMMUNITY