3 Jenis Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan
Pilihan olahraga sederhana namun ampuh untuk membakar kalori dan mengurangi bobot tubuh.


Kardio merupakan olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan tidak dapat dilepaskan sebagai bagian dari program penurunan berat badan, sama halnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut beberapa olahraga back to basic namun ampuh untuk membantu membakar kalori dan mengurangi bobot tubuh.
      
1. Step Aerobics
Kalori terbakar: 800 kal/jam
      Bisa jadi olahraga yang satu ini tidak menjadi kelas favorit yang menarik untuk dihadiri dalam gym, namun step aerobics sebagai salah satu bentuk aerobik yang memanfaatkan platform sebagai pijakan ini menyasar pada kaki, pinggul, dan bokong, dimana bagian-bagian ini biasanya merupakan area yang ingin dikencangkan. Dengan melakukannya selama 1 jam setiap harinya, dapat dibagi menjadi 2 kali sesi yang masing-masingnya berlangsung setengah jam, hasil tubuh yang lebih kencang pun dapat terlihat setelah 2 minggu. 
      
2. Bersepeda
Kalori terbakar: 500-1000 kal/jam
      Tergantung pada seberapa cepat Anda berkendara, pastinya olahraga ini benar-benar akan membakar kalori. Bersepeda di udara terbuka selalu menyenangkan, namun bila waktu yang Anda miliki sangat terbatas, berinvestasi pada sebuah stationary bike bisa jadi salah satu opsi. Anda dapat membakar kalori sembari menonton acara TV favorit yang akan mengalihkan perhatian Anda dari kerja keras menguras keringat. 
      
3. Berenang
Kalori terbakar: 800 kal/jam
      Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga cardio yang efektif karena melibatkan seluruh tubuh termasuk jantung, paru-paru, dan juga otot dengan kemungkinan terjadinya kejang otot yang kecil. Beberapa penemuan teranyar menyatakan bahwa berenang di dalam air yang dingin dapat membakar lebih banyak kalori karena tubuh akan semakin berusaha untuk menjaga temperatur tubuh. Bila Anda ingin mencoba melakukannya, terutama di dalam kolam, danau, bahkan laut dingin sekalipun, pastikan untuk terlebih dulu melakukan tindakan pencegahan dari hypothermia. Anda dapat juga menjaga agar tetap termotivasi dengan memanjakan diri di jacuzzi sesudahnya selama setengah jam berikutnya. (NV) Foto: dok. dewi

 



JOIN OUR COMMUNITY