Silat Yoga, Olahraga Perpaduan Silat dan Yoga
Silat yoga menjadi olahraga baru yang wajib anda coba.


Yoga merupakan salah satu cabang olah tubuh paling yang sering dipadu-padankan. Sebut saja, yogalates, water yoga dan yang paling marak belakangan, acroyoga. Namun kali ini, saatnya memaparkan fusi yoga dengan seni bela diri asal Indonesia, pencak silat, yang ternyata mempunyai akar yang serupa. “Silat dan yoga memiliki koneksi yang saling bertautan, keduanya membutuhkan konsentrasi dan fokus yang mumpuni, menggabungkan estetika dalam gerak, dengan tujuan mencapai keseimbangan dan kekuatan,” papar Ines Somellera, yogi dan seniman yang memperkenalkan Silat Yoga ke Indonesia sekitar 11 tahun yang lalu.
 
Apa kelebihan silat yoga? Sebenarnya serupa dengan tujuan utama olahraga yoga, yakni mengantarkan pelakunya dalam sebuah perjalanan untuk mencapai control diri (self-govern). “Yoga adalah meditasi dalam mosi, dan saya menggunakan silat sebagai jembatan transisi antar asana (pose),” ujar Ines.
 
Meskipun belum terpublikasi secara masal, beberapa kelas yang mengklaim diri sebagai Silat Yoga telah tersebar di beberapa negara, sebagai contoh di Italia dari Accademia Marziale Fillipina Indonesiana (AMFI) dan di Cornwall Inggris yang disebut Endrian Yoga. Kesemuanya memang menggunakan pendekatan yang berbeda namun intinya menggabungkan yoga dengan teknik bela diri di satu daerah. Di Nusantara, silat yoga jelas masih kalah popular dengan bikram yoga atau jenis yoga lainnya. Namun jika jiwa patriotisme Anda sedang tinggi, mengapa tidak mencobanya, bahkan saat sudah andal, Anda bisa memperkenalkannya di negara lain.
 
Manfaatnya:
  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh serta memperbaiki postur tubuh
  • Kontrol diri dan energi dalam tubuh untuk melatih enduranceserta kekuatan tubuh
  • Mempertajam konsentrasi dan memperlancar pernapasan yang benar
  • Tubuh kencang atau toned
  • Sensasi pencapaian setiap kali Anda menyelesaikan sebuah kelas
  • Mengenal kemampuan diri dan menekan limitasi diri—self conscious dan self-gratification
 
Coba di:
Ines’ Class (kerap disebut ‘Hatha Yoga’) di Gold’s Gym Cilandak Square, Jakarta Selatan, setiap hari Selasa
Endrian Yoga di Cornwall, Inggris (http://endrian.co.uk/)
Silat Yoga atau Silat Lembut Hati di Italia (http://amfitalia.wix.com/asdamfi)
 
(CE) Foto: Nurulita.
 
 

 




JOIN OUR COMMUNITY