Arsitektur yang Berpijak Bumi
Perhelatan pameran arsitektur di Biennale Venezia mengingatkan arsitek untuk 'menginjak bumi.'

Pameran arsitektur di Biennale Venezia digelar akhir Agustus ini hingga November. David Chipperfield, direktur pameran kali ini, telah mengumumkan tema besar tahun ini, yakni "Common Ground." Tahun ini, ada beberapa negara yang ikut serta untuk pertama kalinya, yakni Kosovo, Kuwait, dan Peru.

"Saya ingin Biennale tahun ini merayakan sesuatu yang vital, budaya arsitektural yang saling terhubung, dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang wilayah intelektual dan fisik yang saling berbagi," kata Chipperfield.

Sepertinya, sebagai arsitek senior, Chipperfiel merasakan 'keangkuhan' arsitek yang cenderung individualis. "Saya tertarik hal-hal di mana para arsitek berbagi kesamaan," lanjutnya. Judul 'Common Ground' juga mengindikasikan bahwa di antara bangunan-bangunan itu disatukan dalam bumi yang sama.

Salah satu respon atas tema ini telah dilontarkan peserta dari Serbia. Sebuah instalasi dengan judul JEDAN:STO / 100 menampilkan sebuah meja panjang. Meja itu menjadi metafora akan banyak hal yang bersifat arsitektural. Beberapa arsitek juga telah menyiapkan beberapa diskusi tentang kelestarian alam dan keserakahan. [ANG] foto: dok. Biennale Venezia.

 



JOIN OUR COMMUNITY