Pameran Perangkat Saji Indonesia
Ibu Negara membuka pameran yang menunjukkan kekayaan budaya negeri ini.

DEKRANAS (Dewan Kerajinan Nasional) yang merupakan wadah berhimpun para penggiat industri kerajinan nasional menggelar pameran pada 19-22 September 2013 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Assembly Hall, dengan menampilkan peranti saji Indonesia. Pameran yang diberi tajuk Pameran Peranti Saji Indonesia ini bertepatan dengan ulang tahun ke-33 organisasi tersebut dan juga ditandai dengan peluncuran buku “Peranti Saji Indonesia”. Buku itu merupakan dokumentasi beraneka ragam kriya peranti saji.

Di pameran yang dibuka Ibu Negara Ani Yudhoyono ini, DEKRANAS juga menyerahkan DEKRANAS Award kepada lembaga pembina teladan dan karya kriya unggulan. DEKRANAS Daerah Jawa Barat  berhasil mengungguli empat nominasi lain, yaitu Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Sementara karya kriya unggulan terdiri dari delapan kategori, yaitu keramik, serat alam, tekstil, kayu, batuan, logam, material alami lain, dan material hasil olahan. Para pemenang akan diikutsertakan dalam Unesco Award of Excellence for Handicraft tahun depan.

Dari pameran yang menampilkan 197 stan ini, pengunjung akan terinspirasi berkat kekayaan budaya bangsa yang tercermin hanya dari peranti sajinya. Jangan lupa mengunjungi beberapa stan yang menampilkan peranti saji koleksi asli kerajaan-kerajaan Nusantara yang bernilai sejarah tinggi. Selain itu, akan ada talkshow dan workshop yang akan dipandu antara lain oleh  F. Widayanto, Yulie Setyohadi, Jenggala Bali, dan Bara Pattiradjawane. (EF) Foto: Sindikasi.net

 



JOIN OUR COMMUNITY