Apa itu Sustainable Fashion?
Tren corak utuh menghi Hal yang perlu anda ketahui tentang sustainable fashion untuk menyelamatkan lingkungan.asi berbagai produk koleksi desainer Indonesia musim ini.
19 Jan 2016




Industri mode terus bergulir dengan cepat, menghasilkan pakaian dengan cepat, juga membuat Anda terus haus akan pakaian terbaru yang tanpa sadar hanya akan digunakan satu hingga dua kali. Hal ini berdampak banyak kepada mereka yang bekerja di belakangnya menciptakan garmen menjadi sebuah pakaian elok, bahkan terhadap lingkungan. Harga bahan baku produksi yang terus meningkat membuat pabrik menekan biaya produksi dengan mengurangi upah tenaga kerja dan kelayakan tempat. Tapi upah rendah tersebut tak sebanding dengan harga jual yang murah dan kualitas yang rendah, serta bahan kimia yang melukai lingkungan. Namun seketika pelaku industri mode ditampar oleh peristiwa runtuhnya Rana Plaza di Bangladesh tahun 2013 yang merenggut banyak nyawa pekerja garmen label kenamaan. Ya, mata dunia terbuka bahwa fast fashion rupanya meruntuhkan kemanusiaan dan lingkungan
 
Kabar baiknya, kondisi ini memicu para ksatria mode untuk muncul dan mempraktikkan mode yang beretika atau disebut sebagai sustainable fashionKonsep ini merupakan sebuah perilaku bertanggung jawab atas perlindungan kemanusiaan dan lingkungan kala memproduksi sebuah produk mode. Dan tentu saja Indonesia tak kalah tertinggal untuk mempraktikkannya. Sesungguhnya sejak masa nenek moyang, Indonesia telah terbiasa bekerja sama dalam pembuatan kain dengan penggunaan serat dan pewarnaan alam. Tapi modernisasi menghampiri dan menggerus kemurnian itu. Kini beberapa desainer Indonesia mulai kembali menggalakkan sustainable fashion, memberi kesadaran pada penggunanya untuk mulai turut serta dalam misi kemanusiaan dan misi lingkungan. (IL) Foto: Dok. JFW 2016, Dok. Istimewa.
 

 

Author

DEWI INDONESIA