Kritik Prada
Merosotnya relevansi industri mode Italia di mata Miuccia Prada.

Miuccia Prada memang seseorang yang berani berbicara apa adanya. Saat diwawancara oleh koran Italia La Repubblica baru-baru ini, ia berpendapat bahwa industri mode Italia kini tengah terancam bahaya kehilangan reputasi sebagai salah satu pusat mode dunia. Menurutnya para talenta mode perlahan mulai meninggalkan Italia untuk memajukan karir mereka di luar. Salah satunya adalah Raf Simons yang meninggalkan label Italia Jil Sander untuk menempati kursi Direktur Kreatif di rumah mode Prancis, Dior.

“Dengan menjual label-label luxury kita ke pihak asing, kita menghadapi resiko merosot ke liga sekunder. Kalau brand-brand kita menyeberang perbatasan maka kita menyerahkan akreditasi, glamor, ketenaran dan otoritas dalam membuat keputusan kepada orang lain.” Prada menyalahkan pemerintah Italia yang tidak menganggap serius mode. “Mode akan pergi ke tempat yang lebih baik,” tambahnya. Ia sendiri memutuskan untuk mengadakan peragaan busana Miu Miu di Paris.

“Kita tinggal di dalam dunia budaya yang lemah. Kita adalah bangsa yang tidak pernah ingin mencari tahu bagaimana melindungi dan mempromosikan lansekap keragaman dan warisan budaya kita,” katanya. (JO)

Foto: Dok. Sipa

 



JOIN OUR COMMUNITY