Dilelang, Perhiasan Maharaja dan Mughal India Terjual Rp 15 Triliun
Perhiasan ini merupakan bagian dari sejarah India selama lima abad.


1 / 8
Balai Lelang Christie’s di New York sukses melelang perhiasan langka Maharaja dan para Mughal dari India. Koleksi kuratorial yang diberi nama Maharaja Mughal Magnificence ini sukses dilelang dengan nilai keseluruhan mencapai US$ 109,271,875 atau setara dengan Rp 15 triliun pada 19 Juni 2019.

Koleksi ini disebut sebagai bagian dari sejarah penting India selama 500 tahun terakhir. Alasan utama kenapa India memiliki budaya perhiasan yang kuat adalah keadaan alamnya yang juga menjadi penghasil batu mulia terkemuka dunia.

Mulai dari berlian Golconda yang dikenal berkualitas dan menjadi salah satu daerah pertama penghasil berlian, hingga safir-safir langka dari Kashmir, ataupun batu zamrud langka yang diimpor dari Kolombia akibat perdagangan dengan Portugis di masa lalu. Semuanya berkumpul menjadi koleksi perhiasan yang menakjubkan.

Salah satu highlight dari koleksi ini antara lain berlian Golconda yang disebut sebagai Cermin Surga karena potongannya yang sempurna, hingga kalung bodice Belle Epoque Devont de Corsage buatan Cartier pada 1912 yang terjual dengan harga tertinggi yaitu sebesar US$ 10 juta.

Sebelum dilelang di New York, keseluruhan koleksi ini sempat dipamerkan di London, Hong Kong, Shanghai, dan Geneva dan menarik minat 50,000 orang, seperti yang dilansir oleh Forbes.

Koleksi ini sebelumnya milik lembaga non profit Al Thani Collection Foundation. Sebagian dari hasil lelang akan digunakan untuk mendukung Al Thani dalam bidang eksebisi, publikasi, lecture untuk mendukung berbagai museum di dunia. (Teks: Subkhan J. Hakim, Foto: Christies)
 

 

Author

DEWI INDONESIA