Piere, Teman Sejati Sapto Djojokartiko
Siapa sangka seekor anjing samoyed berhasil memikat hati seorang Sapto Djojokartiko


Kecintaan desainer Dewi Fashion Knights ini akan satwa berkaki empat yang bersahabat itu Ia ungkapkan dalam wawancara singkat dengan dewi.

1.
Apa yang membuat anda tertarik untuk memelihara anjing dan mengapa memilih untuk memelihara anjing? 

Sejujurnya pada waktu kecil saya takut sekali dengan anjing, sampai setelah dewasa saya pergi ke pet shop dan melihat anak anjing dengan muka memelas menatap saya, pada saat itu juga saya langsung jatuh cinta dan membawanya pulang. Dari sejak itulah kecintaan saya akan anjing bermulai.

2. Bisa ceritakan sedikit tentang asal muasal anjing peliharaan Anda?

Sekarang ini saya memiliki tiga ekor anjing jenis Samoyed. Ini merupakan Samoyed yang saya adopsi setelah tiga Samoyed sebelumnya satu per satu meninggal karena usia. Samoyed  adalah ras anjing Siberia yang sangat cantik. Sepintas mirip sekali dengan serigala tetapi sangat jinak dan penurut seperti anjing peliharaan lainnya. Bentuk mata seperti almond, bibir yang selalu tersenyum berwarna hitam kontras sekali dengan bulunya yang tebal dan mengembang. Sifatnya yang sangat bersahabat juga telah memikat hati saya hingga sekarang. Samoyed yang pertama saya dapatkan di pet shop, seiring kecintaan saya dan keinginan memiliki anjing yang berprestasi. Tiga samoyed terakhir saya dapatkan dari breeder yang kompeten dalam menghasilkan anjing-anjing juara.


3.      Bagaimana Anda menghabiskan waktu luang bersama anjing Anda?

Sejak kecil salah satu Samoyed saya yang bernama Piere tinggal bersama saya di dalam kamar, sudah seperti anak. Sering kita bermain dan tidur bersama, terkadang saya ajak mereka jalan bersama ke taman untuk bersosialisasi dengan anjing lain. Menyisir rambutnya adalah salah satu kegiatan yang sering saya lakukan. Tidak jarang mereka menemani saya ketika sedang bekerja dikantor sekalipun. Samoyed adalah anjing yang harus selalu disisir setiap hari. Bulunya yang tebal harus menjadi perhatian khusus. Selain demi keindahan juga untuk menjalin hubungan kedekatan dengan mereka. 

4.      Apakah Anda melatih anjing? Boleh berbagi tips-tips khusus dalam merawat dan memelihara anjing?

Sejak berumur 3 bulan anjing saya sudah bersekolah, belajar dengan trainer yang kredibel. Belajar menyiapkan mereka untuk siap berlomba dalam ajang kejuaraan. 2 dari 3 anjing saya beberapa kali memenangkan kejuaraan. Salah satunya sudah menyelesaikan gelar Ina Champion. Hal yang perlu diperhatikan saat memelihara Samoyed adalah bagaimana merawat bulunya agar tetap memesona. Dengan perawatan yang baik seperti menyikat setiap hari,mandi seminggu sekali dan memberikan obat suplemen yang menunjang, niscaya bulunya akan semakin lebat dan indah. Jangan biasakan Samoyed besar berjalan di lantai yang licin, apalagi di masa pertumbuhan karena akan mengakibatkan keruskan pada kakinya. Berikan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kebutuhannya. Biasakan mereka untuk berjalan kaki (treadmil) setiap hari agar energinya tersalurkan dan mereka menjadi lebih semangat, lalu sesekali berikan makanan yang bervariasi agar tidak bosan. Terkadang saya bahkan memberikan mereka cake dan ice cream. (ALD)

Foto: Dok. Sapto Djojokartiko.

 

 

Author

DEWI INDONESIA