Lukisan Langka Karya Raden Saleh Akan Dilelang Rp 26M
Lukisan yang bertajuk Kantor Pos di Bawah Gunung Megamendung ini akan dilelang di Hong Kong pada November mendatang



Rumah lelang asal London, Christie's menawarkan sebuah karya langka oleh seniman Jawa abad ke-19 yang terkenal. Lukisan yang bertajuk “Kantor Pos di Bawah Gunung Megamendung” karya Raden Saleh Sjarif Boestaman ini akan ditawarkan sebagai bagian dari penjualan musim gugur yang akan dilaksanakan di Hong Kong pada 24 November 2018.

Raden Saleh menjadi lambang gerakan seni modern Indonesia, sebelum Affandi dan Hendra Gunawan. Ia memegang tempat khusus di jantung budaya Indonesia, dan dianggap sebagai pelopor inspiratif seni modern Indonesia. Pelukis asal Indonesia yang beretnis Arab-Jawa ini mempionirkan seni modern Indonesia. Lukisannya merupakan perpaduan Romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa sang pelukis. 

Sebelumnya, lukisan ini telah di pajang di Galeri Nasional Singapura dalam perhelatan bertajuk “Antara Dunia: Raden Saleh & Juan Luna” pada 16 November 2017 - 11 Maret 2018. Estimasi harga awal untuk lukisan ini berada pada 26 Milliar rupiah. (AU) Foto: Dok. Christie’s

 



JOIN OUR COMMUNITY