Kolaborasi Karya Amotsyamsurimuda Dalam Karantina
Amotsyamsurimuda menghadirkan koleksi Annual 2020 dalam show berformat virtual.
25 Jun 2020


1 / 6

Pandemi CoVID-19 tak mematikan ide dan kreativitas Amot Syamsuri, direktur kreatif dari lini Amotsyamsurimuda yang telah berdiri sejak tahun 2017. Dalam masa PSBB yang masih dilakukan, demi memutus mata rantai penyebaran virus korona, Amot menghadirkan karya terbarunya dengan menggandeng beberapa pelaku industri kreatif dalam garapan Virtual Fashion Show yang menghadirkan koleksi Annual 2020 Amotsyamsuri muda.

Koleksi tahunan 2020 yang menghadirkan lini busana pria ini bersifat season-less dengan mengangkat tajuk Judgement-free Zone. 22 koleksi yang ditampilkan membawa spirit Harapan dan Restorasi. Sejumlah karya yang digarap langsung oleh Amot Syamsuri dalam masa karantina. Proses daur ulang dari koleksi lama, menjahit langsung sendiri, pengerjaan patchwork, hingga pengolahan teknik seperti tie dye dilakukan selama masa PSBB.

Amot Syamsuri sendiri mengaku tak ingin berada dalam ketakutan yang lantas mematikan segala ide dan kreativitasnya. Keterbatasan logistik membuatnya lebih kreatif. Mengolah elemen lama menjadi koleksi yang wearable, memberi sentuhan era 80-an melalui garis bahu yang tegas serta gaya oversized yang dikombinasikan dengan gaya ‘teddy boy’ yang diambil dari gaya pada era tahun 50-an. Melalui koleksi ini ia menebar harapan akan kebangkitan dan rasa optimisme yang membuat setiap insan seni selalu semangat dalam menghadirkan karya-karya dalam situasi new normal saat ini.

Dalam virtual show yang digarap jenius ini menghadirkan tiga sequence video pendek berdurasi masing-masing 45 detik, sangat instagram-friendly dan mudah di-repost. Uniknya, video pendek yang menampilkan virtual show Annual 2020 Amotsyamsurimuda ini ditayangkan dalam tiga waktu yang berbeda. Yaitu pada pukul 18.00 di tanggal 23 Juni lalu, kemudian keesokan harinya pada pukul 12.00  dan pukul 18.00 pada tanggal 24 Juni. Seluruh pengisi acara serta kolaborator serentak menayangkannya di akun media sosial masing-masing. Gaung dari virtual show ini di-repost berulang-ulang oleh banyak pihak dan diharapkan menjadi sebuah karya kolaborasi yang viral.  

Untuk produksi video virtual show ini Amot Syamsuri menggandeng Studio 47 dibawah arahan fotografer fashion Glenn Prasetya. Menjadi pengalaman berharga pula bagi Glenn di masa pandemi COVID-19 ini bagaimana mengemas sebuah karya virtual yang ditargetkan untuk format digital. Dalam video ini terlihat tata lampu yang artistik memberi sentuhan misterius dari koleksi Amotsyamsurimuda yang ditampilkan.

Tata gerak para model tak lepas dari arahan koreografer papan atas Indonesia, Edwan Handoko. Seluruh produksi dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Proses pengambilan gambar dilakukan secara bergantian agar tidak terjadi penumpukan jumlah personil yang terlibat. Rasa fun dan excited diakui oleh Edwan dalam proyek ini, yang membuatnya lebih semangat dalam berkarya walau dalam format yang lain dari biasanya.

Video virtual show ini turut menampilkan musik yang mengalun indah dengan sedikit aransemen quirky yang apik. Sebuah lagu berjudul Sendiri Tapi Tak Sepi, ditulis dan dinyanyikan langsung oleh Meda Kawu, dan diproduksi oleh Arlan Djoe dan Ivan Dewanto.  Serta Diabram feat. Amot berjudul Shiow Time Beib! Keseruan dan proses pengerjaan video virtual show ini dapat dilihat melalui video behind the scene yang ditayangkan di saluran YouTube Amotsyamsurimuda Studio pada tanggal 26 Juni 2020.
(EM) Foto: dok. Amotsyamsurimuda.  



 

 


Topic

Koleksi Annual 2020 Amotsyamsurimuda yang dihadirkan melalui virtual show.

Author

DEWI INDONESIA