10 Jam Richard Mille Terinspirasi dari Era Disko
RM 71-02 Automatic Tourbillon Talisman terdiri dari 10 model yang masing-masing diproduksi dalam edisi terbatas sebanyak tujuh buah.
15 Jan 2021


Bianca, Carmen
1 / 8

Koleksi terbaru dari Richard Mille RM 71-02 Automatic Tourbillon Talisman menggambarkan era kejayaan musik disko. Serba cepat dan glamor. Dari mulai hentakan nada lagu, warna-warni yang seolah berteriak memancarkan ekspresi individualisme, busana bertabur payet, hingga interior teatrikal klub Studio54.

Sepuluh jam tangan yang diproduksi secara terbatas masing-masing sebanyak tujuh buah pada koleksi ini diberi label dengan nama depan para perempuan modis dari era tersebut: Bianca, Donna, Grace, Diana, Jessica, Gloria, Liz, Jane, Carmen, dan Paloma. Bertekad untuk mengekspresikan esensi kekuatan dari apa yang wanita tersebut wakili dan sejauh mana mereka telah membentuk masyarakat modern, Richard Mille bekerja dengan pilihan batu berwarna paling komprehensif yang pernah ada dalam koleksinya.

Untuk pertama kalinya, Richard Mille membawa mineral seperti hematit, batu yang sangat simbolis dan memiliki makna kuat di berbagai budaya, safir berwarna-warni superit pelangi, tsavorites, rubi, dan batu kecubung. Hasilnya adalah koleksi 10 jam tangan yang menceritakan sebuah kisah tentang bagaimana setiap wanita dapat menulis sejarah.

RM 71-02 mendobrak semua batasan dengan cahaya prismatik yang berlimpah. “Saya selalu ingin bekerja dengan warna, dan template koleksi Talisman menghadirkan tantangan yang menarik, untuk mengubah kosakata hitam-putihnya menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Kami mematuhi pola yang ada, namun, kami menghabiskan banyak waktu mengerjakan penempatan batu berwarna, bermain dengan garis dan bayangan, mengerjakan dari Talisman, atau heartstone, pada dial hingga ke bagian belakang casing,” kata Cécile Guenat, Direktur Kreasi dan Pengembangan Richard Mille.

Selanjutnya Cécile menjelaskan mendengarkan disko, funk, dan R&B, sangat membantunya menyelami inspirasi untuk menghadirkan 10 arloji ini. “Koleksi ini sangat berbeda dari apa pun yang pernah kami lakukan sebelumnya, meskipun kami telah menggunakan beberapa batu berwarna di jam tangan sebelumnya. Koleksi Bonbon membantu kami memperkenalkan estetika warna-warni dan menyenangkan ini kepada konsumen kami, dan kami memutuskan untuk menjelajahi lapisan ini lebih jauh.”

Melengkapi koleksi RM 71-02 Automatic Tourbillon Talisman adalah rangkaian lengkap gelang dengan kulit paten metalik berwarna, dihias dengan motif botani bersahaja pada pukul 12 dan motif geometris pada pukul 6 untuk melengkapi casing berhiaskan permata. Desainnya mengantisipasi tali pengikat yang menunjukkan transisi warna ombre, dimulai dengan satu rona di atas casing dan diakhiri dengan warna kontras. Sesuai dengan inspirasi yang mendasarinya, kontras warna dipasangkan dengan material yang bermain pada cahaya dan tekstur.

Seperti pendahulunya, RM 71-01 Automatic Tourbillon Talisman, koleksi terbaru ini juga didudukung oleh Calibre CRMT1 yang merupakan mesin jam in-house kedelapan dari Richard Mille dan juga mesin jam turbillon otomatis pertamanya yang membutuhkan 1.000 jam pengembangan. Calibre CRMT1 dirancang untuk pemakaian sehari-hari, sejalan dengan gaya hidup modern. Performa kronometrik dan ketahanan fisiknya konsisten dengan standar untuk semua jam tangan Richard Mille.

Teknologi movement Calibre CRMT1 tidak hanya merupakan prestasi teknis, menggabungkan mekanisme tourbillon yang bergengsi dalam mesin jam tangan yang sangat ringkas yaitu 6,2 mm pada titik paling tebal dan beratnya hanya 8 gram, ini juga merupakan kelanjutan dari komitmen berkelanjutan Richard Mille untuk koleksi wanita. (NTF) Foto: Lilas Lequellec/Dok. Richard Mille

 

Author

DEWI INDONESIA