Perhelatan Jakarta Fashion Week akan Hadir 25-28 November 2021 Mendatang!
Para antusias fashion akan disuguhkan sebuah perhelatan ikonis, Jakarta Fashion Week, yang siap hadir dalam waktu beberapa hari lagi.
17 Nov 2021



Jakarta Fashion Week (JFW) 2022 akan diselenggarakan dalam format virtual seperti tahun lalu. Anda memang masih harus menahan rindu pada keseruan menyaksikan langsung puluhan fashion show, namun perhelatan JFW 2022 tentunya tak kalah seru.

Tahun ini, JFW mengambil arahan yang cukup berbeda dari sebelumnya. Menyambut masa normal yang baru, JFW mempersembahkan pilihan fashion yang lebih praktis dan fungsional. Hal ini sejalan dengan tren fashion global yang juga mengedepankan kenyamanan dan lebih siap pakai, apa pun kegiatan Anda.

Mengusung tema besar "Excellence in Disruption" karena disrupsi di industri fashion di masa pandemi tak terelakkan lagi, JFW 2022 menggandeng 74 desainer dan label lokal yang akan memberikan arahan gaya setahun ke depan kepada seluruh pencinta fashion Tanah Air.

“Disrupsi yang terjadi membuat desainer dan label harus lebih peka terhadap konsumen dan harus bisa beradaptasi terhadap digital agar mereka bisa menjadi unggul. Karena itu, kami menyebutnya ‘Excellence in Disruption’. Agar tetap bisa relevan di tengah ketatnya kompetisi, setiap pelaku harus siap menghadapi perubahan disruptif ini,” ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW, sekaligus Direktur Utama GCM Group, penyelenggara JFW.

Tidak hanya serangkaian peragaan busana, JFW juga akan memantik percakapan seputar industri fashion lewat serial Fashion Conversation. Berkolaborasi dengan berbagai praktisi dan ahli di industri mode untuk membedah mode dari berbagai perspektif dan topik, salah satunya adalah bersama Pascal Morand, Executive President of the Fédération de la Haute Couture et de la Mode, Prancis. Fashion Conversation akan ditayangkan selama JFW 2022 berlangsung dan bisa dinikmati secara gratis dengan mengakses JFW.tv.

JFW 2022 mempersembahkan koleksi dari para finalis Lomba Perancang Mode (LPM) 2021, Fashion Force Award, Indonesia Fashion Forward, dan Dewi Fashion Knights. 
 


Tahun ini JFW 2022 hadir dengan dukungan dari berbagai pihak. Ada Lazada Indonesia, e-commerce destinasi fashion di Indonesia, yang menjadi sponsor resmi untuk ke-3 kalinya di Jakarta Fashion Week, dan siap menyajikan 3 show super menarik di JFW 2022. Begitu juga dengan Senayan City, yang merupakan official production space JFW 2022.

“Bentuk kerja sama yang kami berikan adalah mendukung para desainer muda untuk menampilkan karya mereka agar bisa dinikmati oleh para penggemar fashion di Indonesia. Di tahun ini, kami juga memberikan pengalaman membeli dengan cara yang baru, seperti teknologi See Now Buy Now. Jadi, ketika show berlangsung, fashion enthusiast bisa langsing membeli karya para desainer atau label,” jelas Irene Inonu, VP of Marketing Branding Strategist Lazada.

“Sudah 9 tahun Senayan City bekerja sama dengan Jakarta Fashion Week dan ini bukan perjalanan yang singkat. Dipercaya sebagai official venue untuk JFW adalah privilege bagi kami. Bersama dengan JFW, kami sangat mendukung seluruh desainer lokal dengan memberikan ruang, yaitu Fashionlink, agar penggemar desainer ini bisa membeli produk mereka dan karya para desainer sendiri bisa tersalurkan dengan baik dari segi bisnis,” ungkap Jaclyn Halim, General Manager of Leasing & Marketing Communication Senayan City.

Make Over juga mendukung Jakarta Fashion Week sebagai makeup partner JFW 2022 dan L’Oreal Professionnel sebagai hairdo partner.

“Ketika membicarakan tentang fashion, pasti JFW terlintas di benak banyak orang. Karena itu, selama masih ada kesempatan untuk bekerja sama dengan JFW, Make Over juga akan hadir,” ujar Stephanie Lie, Group Head Make Over and Skin Specialist of Paragon.

“Senang rasanya bisa kembali berpartisipasi lagi di JFW untuk ke-9 kalinya. Tidak lengkap jika peragaan busana tanpa tatanan rambut. Jadi, rasanya L’Oreal Professionel dan JFW adalah pasangan yang tepat. Dengan JFW dihadirkan secara virtual, L’Oreal Professionnel sangat bersemangat untuk bekerja sama ke depannya lagi,” jelas Dana Gading, Product Manager L’Oreal Professionnel.

Bekerja sama dengan TikTok pun kembali dilakukan oleh JFW 2022, setelah tahun lalu kolaborasi keduanya menghasilkan jutaan impresi. Di tahun ini, TikTok menjadi platform untuk mengadakan audisi virtual JFW Model Search, serta tantangan tagar #inigayamodelJFW yang hingga awal November 2021 berhasil meraih 52,4 juta view.

“Kolaborasi bersama JFW ini merupakan salah satu cara untuk menjembatani TikTok dengan para desainer atau label agar mereka bisa menyampaikan ceritanya di TikTok dan terhubung langsung dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok. Di tahun ini, TikTok juga menjadi platform livestreaming JFW 2022 dengan menggunakan fitur terbaru TikTok, yaitu TikTok Live,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Operations TikTok Indonesia.
 


Seluruh rangkaian Jakarta Fashion Week 2022 pun berkolaborasi dengan berbagai pihak lainnya, dari Mandiri Private, GSI Lab, Softies, Fibe-Mini, Teh Botol, Heavenly Blush, Sunpride, ERHA, Astagraphia, Pinterest, LINE, Istituto Marangoni, Indonesian Contemporary Art & Design, CBN Fiber, hingga gushcloud.

“Softies bangga sekali menjadi bagian dari JFW sebagai health protocol partner. Seperti yang kita tahu, di masa pandemi ini semua orang pasti menggunakan masker, sehingga membuat masker tidak hanya sebagai proteksi, tetapi juga bagian dari fashion. Memiliki misi yang sama dengan JFW, Softies juga merilis motif unik lainnya, seperti batik, agar pengguna tetap bisa tampil fashionable,” kata Kezia Tesalonika, Brand Manager Softies.

Sejumlah institusi, baik nasional maupun internasional, seperti Enjoy Jakarta, Plus Jakarta, British Council, Institut Français, Erasmus Huis, Asia Model Festival Organizing Committee (AMFOC), dan Department of International Trade Promotion (DITP - Thai Trade Center, Jakarta) juga menjadi rekan JFW 2022 selama penyelenggaraannya.

Catat tanggalnya di kalendar personal Anda dan jangan lewatkan setiap tayangan acara dan show-nya!

Foto: Zaky Akbar | Pengarah gaya: Yoland Handoko | Busana: Bateeq, Frederika (kain koleksi Frederika didukung oleh Asia Pacific Rayon), Giovani Natalie, Jeffry Tan, Major Minor, Sean Sheila, Studio Moral | Aksesori: Insectaria by Umi Laila Fitri | Rias wajah:Philips Kwok | Tata rambut: Cosmelynn.

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA