Toton, Ksatria Kedua Dewi Fashion Knights 2017
Hembuskan nafas jiwa dan juga identitas Indonesia di setiap rancangannya, mengantarkan Toton sebagai ksatria Dewi Fashion Knights 2017.




Di sela-sela kesibukannya dalam mempersiapkan koleksi busana untuk Dewi Fashion Knights 2017, desainer Toton menyempat dirinya untuk berbicara mengenai tradisi serta perkembangan Indonesia.
 
Jiwa dan identitas Indonesia selalu hadir dalam tiap potong rancangan Anda.Apa hal yang paling Anda sukai dari Indonesia?
“Kekayaan dan keberagamannya. Begitu banyak hal yang berbeda yang didapati di setiap daerah dan pelosok Indonesia namun perbedaan inilah yang sebenarnya menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa kita. Kemampuan kita untuk memberi tempat dan menghargai perbedaan juga menjadi suatu ciri khas dan perekat bangsa yang luar biasa.”
 
Bagaimana tradisi tersebut Anda tuangkan dalam karya-karya Anda?
“Memulai label TOTON dengan orientasi busana siap pakai untuk pasar Internasional mempengaruhi cara saya memproses inspirasi menjadi suatu koleksi. Pemilihan teknik, ragam hias ataupun bentukan yang terinspirasi dari budaya Indonesia, pada akhirnya harus tertuang menjadi karya yang kontemporer dan relevan bagi konsumen.”
 
Anda melewati berbagai macam perubahan besar ketika muda.Mulai dari perpindahan jurusan di universitas hingga pergantian jalur karier dari seorang model menjadi seorang perancang.Adakah hal, dalam keputusan-keputusan besar tersebut, yang Anda sesali?
“Saya selalu berusaha untuk tidak memiliki penyesalan dalam hidup karena saya merasa semua pengalaman baik yang bagus maupun yang tidak selalu ada hikmah di baliknya. Most of the time, saya meyakini bahwa semua akan terjadi pada waktu dan tempat yang tepat.”
 
Saran apa yang akan Anda berikan pada diri Anda sendiri 10 tahun yang lalu?
“Mungkin saya akan memberi tahu diri saya untuk lebih setia dengan panggilan hati saya dan mengejar cita-cita saya yang sebenarnya dengan lebih gigih, sehingga saya bisa lebih cepat mencapai apa yg saya mau.”
 
Apa keputusan terbaik Anda sepanjang karier Anda sebagai seorang desainer?
“Memulai label TOTON dan percaya akan visi saya sendiri.”
 
Melihat keadaan sosial politik Indonesia saat ini, apakah menurut Anda Indonesia tengah menghadapi sebuah proses peralihan?
“Menurut saya, negara dan bangsa kita sedang dalam perkembangan dan mengalami begitu banyak proses pendewasaan. Saya berharap peralihan yang terjadi pada saat ini akan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi, dan bukan sebaliknya.”
 
Bagaimana Anda melihat label dan diri Anda sendiri dalam menghadapi peralihan tersebut?
“Saya selalu mencoba menjadikan estetika label TOTON sebagai reaksi terhadap apa yang terjadi di sekeliling saya. Peralihan dan perubahan yang terjadi tentunya menjadi inspirasi saya dalam berkarya dan menyikapi keadaan yang ada. Lewat TOTON, saya ingin dapat membuka dialog mengenai apa yang terjadi di sekitar, dan semoga dialog yang terbuka menghasilkan pemikiran pemikiran yang dapat berguna bagi orang banyak.”
 
(GG) Foto: Dok. Vicky Tanzil
 

 

Author

DEWI INDONESIA