#DiRumahAja dengan Pilihan Aktivitas Kreatif dari Rumah Mode
Rumah-rumah mode dunia menghadirkan ragam pilihan aktivitas #dirumahaja yang kaya insight kreatif
17 Apr 2020



Tak terasa sudah hampir lima pekan orang-orang berkegiatan #DiRumahAja. Berada di rumah dalam jangka waktu lama, memberikan efek berbeda bagi setiap orang. Ada yang menikmati waktunya untuk beristirahat. Ada pula yang mulai dilanda stres karena tidak berinteraksi dengan lingkar sosialnya dalam periode yang cukup panjang. Apalagi, berdiam diri di rumah berarti rutinitas yang terbatas, itu-itu saja.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencari selingan kegiatan untuk memberi sedikit warna pada rutinitas harian. Bisa berupa kegiatan olahraga, atau konten-konten hiburan dan edukasi dari rumah-rumah mode kenamaan dunia.

Ya, di periode pandemi ini rumah-rumah mode merilis program-program serta aktivitas daring yang kaya akan insight kreatif. Entah itu dalam bentuk podcast, siaran langsung lewat kanal Instagram, hingga buku mewarnai digital. Kesemuanya menawarkan konten yang bisa menjadi stimulus inspirasi Anda. Terutama jika Anda tengah dilanda demotivasi dalam bekerja. Berikut ini beberapa pilihan kami.

 

Dior Talks
Maret lalu rumah mode asal Perancis ini merilis podcast yang bisa diakses di situs resmi mereka. Dipandu oleh host Katy Hessel, Dior Talks mewawancarai sejumlah feminis yang berkecimpung di dunia seni. Baik sebagai seniman maupun kurator. Dalam bincang-bincang itu mereka membicarakan berbagai hal. Mulai dari kehidupan, kekaryaan, hingga pergerakan mereka untuk pemberdayaan perempuan.

 

Prada Possible Conversations
Prada juga menggelar acara bincang-bincang bertajuk Prada Possible Conversations, sebuah iterasi ulang dari pameran di MET Costume Institute musim semi 2012 silam bertajuk “Schiaparelli and Prada: Impossible Conversations”. Program ini digelar Prada di kanal Instagram mereka, menghadirkan diskusi intim satu lawan satu antara dua narasumber. Seri perdananya menampilkan percakapan antara Pamela Golbin dan Alexander Fury tentang dunia mode di saat krisis.

 

McQueen Creators
Agak berbeda, rumah mode asal Inggris ini justru membuka pintu yang lebih lebar untuk menjalin interaksi dengan audiens mereka. Tidak hanya itu, lewat inisiatif ini, mereka juga mengajak khalayak untuk menyelam lebih dalam ke dunia Alexander McQueen. Misalnya dengan mengajak para pengikutnya menggambar ulang desain gaun mawar dari arsip mereka. Atau dengan menggelar konser virtual via Spotify yang menyajikan musik-musik pengiring pagelaran mereka.

 

Bottega Residency
Botega Venetta menyajikan konten di semua kanal media sosial mereka dalam kerangka laboratium kreatif bertajuk Bottega Residency. Visinya adalah untuk memberikan sorotan kepada para pelaku kreatif. Mulai dari chef, seniman, penulis, musisi, sutradara film, dan perancang busana. Untuk seri pertamanya, inisiatif ini terlebih dulu akan membahas Daniel Lee dan akan diikuti oleh narasumber-narasumber lainnya.

 

Buku Mewarnai Manolo Blahnik
Brand sepatu premium ini bekerja sama dengan Mental Health Foundation untuk menggarap poyek Smile. Bentuknya adalah buku mewarnai yang terdiri dari sketsa-sketsa desain sang desainer. (SIR.) Foto: Alexander McQueen, Dior, Manolo Blahnik, Dok. Istimewa.





 

 

 


Topic

Fashion

Author

DEWI INDONESIA